start over Ayo…Ramaikan Pameran Keramik di Museum Seni Rupa

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Selasa, 17 Januari 2017

Ayo…Ramaikan Pameran Keramik di Museum Seni Rupa

Ayo…Ramaikan Pameran Keramik di Museum Seni Rupa




budaya 1

Jakarta-Sedikitnya 13 seniman keramik Indonesia memamerkan hasil karya mereka di Museum Seni Rupa dan Keramik. Pameran keramik ini sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 16 Oktober dan akan berakhir tanggal 25 Oktober. Sesuai dengan tema yang diangkat Identitas, ketiga belas seniman memamerkan karya dengan ciri khasnya masing-masing.

Tiga belas seniman keramik itu adalah Antin Sabodo, Ayu Larasati, Adhy Putraka, Bregas Harrimardoyo, Evy Yonathan, F. Widayanto, Geofrey Tjakra, Haryo Soenggono, Ignasius Tommy, Lisa Sumardi, Silayana Setiadarma, Wati Karmojono dan Yetty V Tamsil.

Tema Identitas berasal dari kata Ide sebagai konsep dasar penciptaan dan kualitas serta kuantitas sebagai pencapaian atas eksistensi yang terus berkelanjutan.

Kepala Unit Pengelola Museum Seni Rupa, Dyah Damayanti menuturkan masyarakat tidak hanya disuguhkan dengan karya para seniman keramik. Namun, pengunjung juga diajak belajar membuat keramik melalui workshop bersama 13 seniman tersebut.

“Kami menaruh harapan besar pada museum ini, agar semakin dapat menunjukkan eksistensinya, berperan sebagai sumber informasi bagi masyarakat, sumber informasi bagi para pelaku seni dan indusri kreatif, serta sebagai rumah budaya bagi masyarakat,” ujar Dyah.

Salah satu seniman keramik Indonesia yang mengikuti pameran, F Widayanto menuturkan melalui tema identitas, setiap seniman menunjukkan karyanya yang mana memiliki identitas dan ciri khas masing-masing. Identitas ini yang akan menciptakan pasar bagi keramik tersebut. Pameran ini sekaligus ingin menunjukkan bahwa karya setiap seniman tidak saling tiru meniru.

Karya yang dipamerkan para seniman itu antara lain  alat musik karya F. Widayanto, piranti makan karya Haryo Soenggono,  peranti makan dan kendi dengan sentuhan motif batik karya Bregas Harrimardoyo. Lalu Antin Sambodo menghadirkan Garden Party 2 yang  mengadirkan satu jenis tanaman, tapi jumlahnya banyak yang berwarna hijau. Lain lagi dengan seniman Ayu Larasati menghadirkan cangkir sentuhan  gradasi kombinasi dan ada pula sentuhan motif berupa ukiran-ukiran.

Mereka menggunakan tanah liat sebagai mediumnya. Banyak hal yang  harus mereka ketahui dalam proses pembuatan  produk seni keramik  itu untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna.  Mulai dari pengenalan tanah lihat, teknik pembuatan, pengetahuan glasir, hingga tungku pembakaran.

Dengan diadakannya pameran ini diharapkan menjadi sebuah letupan api seni yang menggelorakan masyarakat Jakarta untuk ikut andil dalam perkembangan seni rupa Indonesia, khususnya seni keramik. Adanya pameran keramik ini menjadi bagian dari upaya investasi seni dan budaya yang akan diwariskan pada generasi mendatang.

Be Sociable, Share!

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan