start over Catatan Panjang Represi Yang Dihadapi Oleh Suku Anak Dalam - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Senin, 27 Februari 2017

Catatan Panjang Represi Yang Dihadapi Oleh Suku Anak Dalam

Catatan Panjang Represi Yang Dihadapi Oleh Suku Anak Dalam




fakta.co.id

Semestinya Jokowi harus paham, bahwa akar dari gelombang masalah yang menerpa Suku Anak Dalam bukan soal mereka punya rumah layak atau tidak. Problem mendasar komunitas ini juga bukan masalah punya kartu ini-itu atau tidak. Inti dari lingkar kekerasan yang mendera Suku Anak Dalam, bukanlah mereka bisa belajar matematika atau tidak.

Alpa dari catatan panjang represi yang dihadapi oleh Suku Anak Dalam adalah kejahatan korporasi, terutama perusahaan-perusahaan agribisnis. Ini adalah penyebab terusirnya Suku Anak Dalam dari tanah sendiri, dipaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian, menderita kekurangan gizi, penyusutan populasi, dihadapkan pada bahaya wabah penyakit, serta tergerusnya identitas kultural mereka.

Kalau Jokowi berani, harusnya ia memilih untuk menjadi Presiden pertama yang mengambil keputusan untuk menyerahkan kembali tanah ulayat ke pemiliknya untuk dijadikan lahan konservasi masyarakat adat.

Kalau Jokowi berani, mestinya ia mengambil sikap untuk mencabut izin perusahaan agribisnis yang terbukti berkali-kali melakukan pembakaran hutan, melakukan kekerasan kepada kelompok masyarakat adat, dan secara ilegal mengambil tanah ulayat.

Kalau Jokowi berani, ia dapat memutuskan untuk menjadi Presiden pertama yang menghentikan perampasan tanah masyarakat sekaligus memotong lingkaran setan kekerasan agraria di Indonesia.

images

Tetapi, apa itu mungkin itu terjadi ?

Sayangnya, Presiden kita adalah orang yang sama yang pada bulan Mei kemarin berjanji menyerahkan 1,2 juta hektar tanah adat suku Marind di Merauke kepada investor untuk proyek Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE).

 

Oleh : El Comandante

arvindo_ezran@yahoo.com

Be Sociable, Share!

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan