start over Apa Makanan yang Paling Banyak Disantap Warga Korea Utara? - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Kamis, 30 Maret 2017

Apa Makanan yang Paling Banyak Disantap Warga Korea Utara?

Apa Makanan yang Paling Banyak Disantap Warga Korea Utara?




Korea Selatan dan Korea Utara memang seperti dua kutub yang berlawanan. Jika Korea Selatan dikenal karena budaya, wisata dan kulinernya yang dianggap enak, Korea Utara justru sebaliknya. Negara pimpinan Kim Jong Un ini justru dikenal karena negaranya yang tertutup.

Negara ini punya akses yang sangat terbatas dengann turis luar negeri, internet terbatas, dan tak ada media independen. Semua yang tak memihak pemerintah pasti langsung dihilangkan. Karenanya, menurut World Policy Journal, negara ini juga dinobatkan sebagai negara paling terisolir di seluruh dunia. Negara ini pun kembali jadi perbincangan karena mengklaim sukses melakukan uji coba bom nuklir.

Lalu bagaimana dengan makanan-makanan khas Korea Utara? Mengutip The Daily Meal, Korea Utara juga punya sejarah yang tragis. Antara tahun 1994-1998, terjadi kelaparan hebat dan menyebabkan kematian antara 600 ribu sampai 2,5 juta orang. Tahun 1997, Kim Jong-il, pemimpin saat itu menolak menerima bantuan. Ia menghukum orang yang berusaha membeli, menerima, menyelundupkan atau mencuri makanan. Sampai saat ini masih banyak penduduk yang meninggal karena kelaparan tiap tahunnya. Namun lebih banyak lagi menderita karena diet tak cukup gizi.

Kesenjangan sosial antara warga masyarakat pun terlihat sangat jelas. Warga dengan pendapatan US$1000- US$2000 biasanya menyantap nasi, bubur jagung, kimchi tanpa protein. Berikut beberapa makanan dan minuman yang kerap disantap oleh penduduk Korea Utara. Beberapa mungkin sudah tak asing karena ada yang mirip dengan makanan Korea Utara.

1. Injo Gogi Bap
Terbuat dari makanan sisa yang digulung menjadi satu seperti sosis yang berwarna hitam. Makanan ini disantap dengan tambahan kari atau saus pedas.

2. Kimchi
Sama seperti di Korea Selatan, kimchi juga jadi makanan wajib di Korea Utara. Kimchi yang biasa dibuat adalah kimchi dari sayuran, lobak yang fermentasikan dengan tambahan pasta udang, dan bumbu lainnya.

3. Bubur jagung
Bentuknya mirip dengan bubur nasi, hanya saja bahan bakunya dibuat dari jagung.

4. Nanengmyun
Makanan ini disebut juga sebagai mi dingin. Biasanya mi ini disajikan dengan tambahan kuah kaldu sapi.

5. Bulgogi
Bulgogi juga bukan hidangan asing untuk Anda. Hidangan ini merupakan daging bbq yang dimasak di panggangan di kompor di atas meja.

6. Sinseollo
Makanan ini terbuat dari sayur, daging dan pangsit.

7. Soju
Soju adalah minuman beralkohol yang populer di Korea Selatan dan juga Korea Utara. Minuman ini ‘fungsinya’ mirip seperti wine atau bir di Eropa.

8. Soondae
Bentuknya mirip sosis yang terbuat dari daging sapi dan usus babi yang dibumbui.

9. Tofu Bap
Makanan ini mirip dengan makanan khas Jepang yang disebut Inari. Makanan ini terdiri dari kulit tahu tipis yang diisi dengan nasi.

Share Di Social Media:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan