start over 8 Ciri Pria Sejati, Andakah Salah Satunya? - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Selasa, 28 Maret 2017

8 Ciri Pria Sejati, Andakah Salah Satunya?

8 Ciri Pria Sejati, Andakah Salah Satunya?
pria sejati




Fakta.co.id – Dalam 60 tahun terakhir telah terjadi banyak perubahan peranan berdasarkan gender. Ekspektasi dan standar bagaimana menjaga jati diri sebagai seorang pria sejati pun mengalami sedikit pergeseran. Namun satu hal yang pasti bahwa mayoritas pria maupun wanita akan setuju bahwa ada ciri-ciri khusus yang mampu mendefinisikan kadar maskulinitas pada pria.

Menilai seberapa maskulin anda, atau apakah anda termasuk pria sejati bukanlah bermaksud untuk mengajak anda kembali ke pandangan-pandangan masa lalu yang usang tentang seorang pria. Melainkan menyorot pada karakteristik-karakteristik fundamental yang harus dipertahankan oleh seorang pria seperti bersifat tangguh, bisa diandalkan dan berani bertindak. Setidaknya sifat-sifat ini masih menjadi signature yang menjadikan seorang pria benar-benar lelaki.

Berdasarkan sifat-sifat dasar lelaki diatas kami akan menyingkapkan buat anda 8 indikator atau ciri khas yang dapat menggambarkan anda sebagai pria sejati. Namun bukan berarti kelelakian anda otomatis dipertanyakan jika anda belum mampu memenuhi semua indikasi yang ada. Yang penting bagaimana anda terus berupaya menempa diri melalui pencarian anda untuk menjadi lebih baik tanpa perlu sempurna.

Faktanya, apapun cara anda mencapai karakteristik pria sejati dalam diri anda, pria akan selalu berkompetisi dalam setiap aspek hidup mereka dan anda harus siap menghadapi setiap tantangan yang harus anda hadapi dengan pilihan-pilihan anda sendiri.

Mampu Berjuang Sendiri

Pernahkah anda sadari belakangan ini sangat jarang menemukan seorang pemimpin atau boss yang berjuang sendiri untuk mencapai posisinya?  Mari kita tengok pemimpin-pemimpin bisnis besar yang ada, dengan mudah anda akan menemukan para boss yang lahir dari kekuasaan dan kekayaan orang tuanya tanpa perlu melalui proses belajar yang keras untuk duduk di posisi mereka.

Seorang lelaki sejati harus mampu berjuang untuk hidupnya. Harus mampu menghadapi tantangan-tantangan hidup, jatuh dan terus bangun sampai ia mampu berdiri diatas kaki sendiri, dan disinilah anda siap untuk mulai memanjat hingga ke posisi puncak terbaik anda.

Tidak Berantakan

Pernahkah anda berkunjung ke rumah atasan atau boss anda? Apakah anda menemukan bungkus rokok atau kotak makanan siap saji yang berserakan? Atau pakaian dalam yang bergantungan disana-sini?  Percayalah, tidak ada seorangpun mampu dan hebat menata kehidupan pribadi dan profesionalnya kalau ia tidak mampu menata rumahnya sendiri.

Artinya “kejantanan” bukanlah alasan untuk hidup di lingkungan yang berantakan. Jagalah kerapihan tempat tinggal anda, susun buku dan dokumen dengan rapi. Kuncinya adalah menciptakan tempat tinggal yang membuat anda bangga.

Memperhatikan Penampilan

Simple saja, hal pertama yang akan diperhatikan orang lain pada diri anda adalah penampilan dan kebersihan anda. Masa dimana gaya urakan biar tampak macho dan gagah sudah berlalu. Saat ini seorang pria juga dinilai berdasarkan gaya penampilannya. Tidak berarti anda harus mengenakan jas lengkap dengan dasi atau pakaian bermerek untuk menjadi lelaki sejati. Yang penting adalah tampil bersih dan terorganisir serta mampu menunjukkan sebuah effort membentuk gaya pribadi anda. A man takes pride in his appearance.

Membangun Kekayaan Sendiri

Seorang lelaki sejati tidak akan mengharapkan uluran tangan atau sumbangan untuk kekayaan pribadinya. Seorang lelaki sejati juga tidak akan pernah puas dengan kekayaan warisan keluarga. Kalaupun ia seorang yang beruntung mendapat warisan, lelaki sejati akan menggunakan keberuntungan ini untuk memulai melakukan pencapain hidupnya sendiri dan mengembangkan kekayaannya berlipat-lipat dengan usaha dan kemampuan sendiri.

Dengan melakukan ini anda memiliki karakter paling penting untuk bertumbuh menjadi lelaki dewasa dalam pandangan tradisional. Bukan berarti pasangan atau istri anda tidak boleh bekontribusi. Atau bukan berarti anda juga tidak boleh menjadi seorang bapak rumah tangga full time. Tapi lebih bagaimana anda berusaha menciptakan ruang anda sendiri dan anda benar-benar independen melakukannya.

Mampu Menjadi Panutan

Seorang lelaki sejati memiliki respek pada dirinya sendiri dan orang lain. Ketika anda mulai membangun keluarga sendiri, salah satu tanggung jawab terbesar anda adalah memberikan contoh yang kuat bagi anak-anak anda. Jika anda membiarkan istri dan anak-anak melihat anda hidup tanpa aturan dan tidak bertanggung jawab artinya anda tidak mampu membentuk diri anda menjadi seorang lelaki yang patut dibanggakan sebagai seorang suami dan ayah. Hal yang sama juga berlaku bagi wanita, namun pria memiliki tingkat tanggung jawab yang jauh lebih tinggi dalam pandangan sosial. Aturlah diri anda agar dapat menjadi panutan yang tepat.

Mampu Memegang Janji

Ketika seorang lelaki sejati membuat janji maka ia akan menepati janji tersebut. Separah apapun konsekuensi yang harus dihadapi, seorang pria akan berusaha untuk menepati janjinya.  Semua pria menyadari bahwa kata-katanya sama berartinya dengan tindakan yang ia lakukan.

Tidak Bergosip

Siapapun hendaknya tidak bergosip. Namun seorang pria yang mencoba mendapatkan perhatian dan respek dari rekan-rekan kantornya atau di lingkungan teman-temannya justru tidak akan dihargai jika ia mencoba membangun reputasi dengan menyebarkan gosip seputar kantor dan teman-temannya. Tipikal pria gagah dan pendiam ala-ala Clint Eastwood masih bergaung hingga saat ini. Dan percayalah, bergosip adalah kegiatan orang-orang yang tidak memiliki kegiatan positif lainnya yang bisa mereka lakukan dan ingatlah anda seorang pria!.

Mampu Fokus

Siapapun pasti sering teralihkan perhatiannya dan gangguan-gangguan ini sering datang bertubi-tubi sehingga sangat mudah kita kehilangan fokus serta terperangkap dalam aktifitas yang sama sekali tidak menjadi investasi positif dalam membangun masa depan kita sendiri. Tidak ada salahnya kita having fun dan menikmati hidup, namun seorang lelaki sejati haruslah mampu menjaga arah hidupnya pada satu garis lurus yang jelas dan harus memastikan bahwa dia sedang menuju pada rencana masa depan yang sudah disusun.

Silahkan anda menghabiskan 1-2 botol bir di bar favorit bersama teman-teman anda malam ini, yang penting anda harus mampu bangun pagi dan memastikan bahwa semua tugas dan tanggung jawab penting anda esok hari mampu anda selesaikan.

Let’s be a man!

Share Di Social Media:

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan