start over 5 Prediksi Fenomena Didunia Kerja 2016 - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Selasa, 21 Februari 2017

5 Prediksi Fenomena Didunia Kerja 2016

5 Prediksi Fenomena Didunia Kerja 2016
Ilustrasi dunia kerja.




Fakta.co.id – Datangnya tahun 2016 kerap dijadikan momentum untuk melakukan perubahan dalam banyak hal, termasuk karier.

Banyak orang menggunakan momentum ini untuk mencari pekerjaan baru, mengejar impian-impian baru, atau mengejar gairah yang selama ini terpendam. Apalagi terkadang tawaran menggiurkan untuk bekerja di tempat lain, di bidang yang sama sekali baru dan berbeda dengan pekerjaan sekarang, atau iming-iming gaji selangit muncul di momen pergantian tahun.

Akan tetapi sebelum mengambil keputusan dan membuat perubahan drastis dalam karier, ada baiknya membaca tren dan fenomena dunia kerja tahun 2016 yang diprediksikan Hannah Morgan, pembicara, konsultan karier, dan penulis blog Career Sherpa.

1. Teknologi mobile dan teknologi kesehatan terus berkembang
Hal ini akan terjadi meski ada penurunan pada perkembangan beberapa sektor teknologi. Ada ruang bagi inovasi teknologi di sektor-sektor yang menyentuh industri mobile yang tengah berkembang pesat. Semua hal yang berkaitan dengan perawatan kesehatan akan mendapatkan kesempatan besar untuk berkembang di tengah populasi manusia yang semakin banyak dan menua.

2. Kepemilikan keterampilan lebih diutamakan
Meskipun gelar sarjana tetap penting, seiring berjalannya waktu, kita akan melihat meningkatnya penerimaan terhadap lulusan sekolah yang lebih sederhana, sekolah yang lebih murah namun memiliki keterampilan kunci yang dibutuhkan perusahaan. Ini berarti Anda harus tetap memastikan terjadinya perkembangan keterampilan terus-menerus. Ikutlah dalam kelas-kelas pelatihan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan Anda. Semua orang, bukan hanya orang-orang di bidang teknologi, harus terus memperhatikan keterampilan yang dicari perusahaan termasuk kemampuan yang sering kali sulit ditemui. Kecenderungan ini juga akan diwarnai banyaknya perguruan tinggi yang mulai menawarkan program-program pelatihan dan pilihan studi dengan fokus yang lebih spesifik.

3. Komunitas memberi banyak peluang
Dengan bergabung dengan komunitas bakat atau pekerjaan tertentu, Anda akan lebih banyak melakukan diskusi secara langsung yang bisa saja terjadi di antara calon pekerja, pekerja, dan pencari pegawai. Komunitas akan menghindarkan Anda dari membuang-buang waktu, melamar pekerjaan yang tidak sesuai. Di samping itu komunitas juga bisa menjadi wadah untuk membuat Anda tetap berada di dunia pekerjaan sesuai dengan minat.

4. Peran teknologi gawai semakin besar
Saat ini hampir dipastikan Anda menggantungkan banyak urusan pekerjaan pada gawai. Ada banyak aplikasi mobile yang berkembang pada 2015 untuk pencarian kerja, dan akan terus berkembang pada 2016. Semakin banyak pencari kerja mengandalkan aplikasi juga situs pencarian kerja juga jaringan sosial seperti LinkedIn yang berperan dalam perkembangan karier pada 2016.

5. Kerja virtual layak dipertimbangkan
Menemukan pekerjaan baru akan lebih mudah jika Anda mengeliminasi batasan geografis. Keberadaan teknologi dan banyaknya perusahaan yang mulai mengembangkan ide bekerja secara virtual memungkinkan Anda bekerja di mana pun. Mengatur pekerja di wilayah yang sangat jauh dahulu dianggap lebih menyulitkan. Namun, dengan perkembangan teknologi komunikasi, yang menjadikan praktik kerja virtual hemat biaya, semakin banyak perusahaan yang mengadopsi cara ini.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan