start over 3 Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Suka Membuang Sampah Sembarangan - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Selasa, 23 Mei 2017

3 Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Suka Membuang Sampah Sembarangan

3 Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Suka Membuang Sampah Sembarangan




Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab utama banjir adalah banyaknya sampah yang menyumbat tempat mengalirnya air seperti selokan sungai dan lainnya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah mengapa masyarakat Jakarta masih suka membuang sampah sembarangan? Tidakkah terlintas di pikiran kita bahwa hal itu akan membawa kerugian besar bagi banyak orang bahkan diri kita sendiri?

Penyebab utama bagaimana perilaku membuang sampah sembarangan ini bisa terbentuk dan bertahan kuat di dalam perilaku kita adalah:

• Kebiasaan masyarakat membuang sampah
Tanpa disadari masyarakat menganggap, membuang sampah sembarangan adalah hal yang biasa. Namun faktanya membuang sampah mengakibatkan banjir yang memberikan dampak negatif kepada lingkungan sekitar.

• Pengaruh lingkungan dalam perilaku membuang sampah
Pengaruh lingkungan dapat membentuk perilaku seperti membuang sampah sembarangan. Saat ini, dalam menangggapi masalah pembuangan sampah sembarangan sudah menjadi pola perilaku di masyarakat yang “biasa” karena semua orang melakukannya. Secara tidak sadar maka perilaku membuang sampah sembarangan akan menjadi suatu bentukan perilaku yang terinternalisasi di dalam pikiran bahwa membuang sampah sembarangan bukanlah hal yang salah. Perlu diingat, cara seseorang manusia belajar yang paling mudah adalah dengan imitasi dan sebagian besar masyarakat belajar suatu perilaku adalah dengan imitasi.

• Perceived behavior control
Seseorang akan melakukan suatu tindakan yang dirasa lebih mudah untuk dilakukannya karena tersedianya sumber daya. Jadi, orang tidak akan membuang sampah sembarangan bila tersedia banyak tempat sampah di pinggir jalan.

Share Di Social Media:

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan