FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

18 Desember 2017

11 Tips Agar Bisa Tidur Dengan Nyenyak

11 Tips Agar Bisa Tidur Dengan Nyenyak




Padatnya aktivitas terkadang menghambat seseorang untuk mendapatkan pola tidur yang normal. Tak jarang kualitas tidur mereka jadi buruk. Fungsi dalam tubuh pun tentu akan sulit berjalan normal saat tubuh hanya mendapatkan waktu istirahat yang minim. Yang parah, hal ini bisa berimbas pada kualitas Anda saat bekerja keesokkan harinya.

Bagi sebagian orang hal tersebut dapat diatasi dengan obat tidur. Namun, konsumsi obat tidur berkepanjangan pun sebenarnya memiliki efek samping yang dapat menimbulkan masalah baru. Misalnya saja pikun, kesulitan bicara, gangguan berpikir, dan sulit untuk memahami orang lain.

Mengutip Independent, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki pola tidur Anda.

1. Tentukan sendiri waktu tidur yang cocok bagi tubuh Anda. Bukan hanya sehari, melainkan tidurlah secara rutin di jam tersebut. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih baik di pagi harinya.

2. Jangan memaksa diri untuk mengerjakan sesuatu tepat sebelum Anda tidur. Tubuh Anda membutuhkan “me time” sebelum terlelap. Cobalah untuk membaca buku dan menonton TV paling tidak selama setengah jam sebelum tidur.

3. Jauhi layar apapun yang ada dalam kamar Anda. Hal ini akan menghilangkan faktor distraksi dan Anda pun dapat memiliki tidur yang lebih pulas.

4. Atur suhu dingin kamar Anda, karena suhu kamar yang cocok untuk tidur adalah 15-18 derajat celcius.

5. Tulislah semua masalah Anda di hari itu dalam buku harian. Jangan terus menerus menyimpannya dalam pikiran karena akan bakal terjaga sepanjang malam. Biarkan segala masalah keluar dari pikiran Anda saat itu juga. Jadi, Anda dapat tidur dengan tenang.

6. Cobalah berlatih meditasi. Hal ini akan membantu Anda mengosongkan pikiran dan akan jadi lebih fokus.

7. Dengarkan lagu-lagu alam sembari tidur. Karena walau tertidur, otak Anda akan tetap mendengar suara sekitar secara konstan. Suara-suara alam seperti kicauan burung, rintik hujan, atau gemercik air akan menjauhkan Anda dari gangguan suara saat tidur.

8.  Jangan mengonsumsi kafein pada malam hari, karena kafein akan membuat Anda terjaga selama 14 jam. Cobalah mengonsumsinya pada pagi hari saja.

9. Catat seluruh kegiatan yang akan Anda kerjakan keesokkan hari. Jangan biarkan pikiran akan hal-hal yang ingin dikerjakan pada hari esok terus mengganggu otak Anda selagi mencoba tidur. Ketika catatan yang sudah dibuat, pikiran pun akan lebih mudah kosong untuk tidur dan membantu hari Anda terjadwal dengan baik.

10. Jangan gunakan kamar Anda untuk mengerjakan tugas pekerjaan atau menonton TV. Gunakanlah kamar tidur hanya untuk tidur.

11.  Perkirakan waktu tidur yang Anda butuhkan. Misalnya, banyak pengusaha yang mengaku mereka tidur selama 4-5 jam. Namun, tiap orang tentu membutuhkan waktu tidur yang berbeda. Untuk mengetahuinya, cobalah pada satu hari Anda tidur tanpa alarm keesokkan harinya. Dengan begitu, Anda akan terbangun secara alami. Hitung berapa waktu yang Anda habiskan untuk tidur, maka itu lah waktu tidur yang Anda butuhkan.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan