start over 2017, Bandung Bakal Punya Museum Tercanggih Se Indonesia - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Selasa, 28 Maret 2017

2017, Bandung Bakal Punya Museum Tercanggih Se Indonesia

2017, Bandung Bakal Punya Museum Tercanggih Se Indonesia




Fakta.co.id – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan mengubah sebagian bangunan Gedung Sate Bandung menjadi sebuah museum yang akan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017.

“Jadi pendirian museum telah direncanakan sejak lama, namun dalam perjalanannya malah terkatung-katung. Kini, rencana tersebut akan segera direalisasikan. Dan rencana pendirian museum Gedung Sate sudah dari 2014, jadi harus terwujud di 2017,” kata Deddy Mizwar di Bandung, belum lama ini.

Ia mengatakan untuk merealisasikan target tersebut, Pemprov Jabar telah melakukan penelitian pustaka ke Belanda, Jerman dan Paris, Prancis demi menghimpun data sejarah tentang Gedung Sate.

“Pemprov Jabar harus mencari data tentang Gedung Sate hingga ke luar negeri karena mereka punya kelengkapan informasi yang lebih baik dibandingkan Indonesia,” kata dia.

Menurut dia, dalam menelisik data tersebut Pemprov Jabar mendapat dukungan dari Nico Van Horn yang merupakan pengarsip pakar dari Lembaga Independen tentang Kearsipan Negara Hindia Belanda.

Selain itu, lanjut dia, dukungan penuh diberikan kepada Pemprov yang mendapat akses data secara langsung di Leiden University.

“Sehingga dengan bantuan dari Van Horn maka kita jadi tidak tersesat karena informasi yang dihimpun harus akurat,” katanya.

Teknologi Canggih

Ia mengatakan data sejarah Gedung Sate yang berhasil dihimpun terbilang cukup banyak sehingga pemerintah akan mendokumentasikan data dengan memanfaatkan teknologi tercanggih.

“Hal ini demi memudahkan pengunjung museum serta bisa lebih efisien dari sisi penggunaan ruangan. Adapun lokasi museum akan menggunakan ruangan khusus di ruang bawah tanah. Tidak akan makan ruangan besar karena menggunakan pendekatan digital,” kata dia.

Deddy menyatakan Museum Gedung Sate akan menjadi museum tercanggih di Indonesia yang memuat informasi dalam bentuk tulisan, gambar dan film dalam bentuk digital.

Untuk Detail Engineering Design (DED) dari proyek museum Gedung Sate ini akan dilakukan pada akhir tahun ini dan akan langsung dilanjutkan dengan lelang dan pengerjaan.

Sementara itu Van Horn mengatakan dia menjadi penasihat dalam pendirian Museum Gedung Sate dan dukungan penuh diberikan karena data yang dia punya juga milik masyarakat Indonesia.

“Kami punya arsipnya silakan jika ingin ke Belanda. Dan kami tidak mengklaim ini milik kami. Kami punya data tentang surat putusan pembangunan Gedung Sate,” kata dia.

Ia mengatakan, surat ini juga memuat alasan pembangunannya karena Pemerintah Hindia Belanda memindahkan kantor pemerintahan dari Batavia ke Bandung.

“Masyarakat Indonesia harus bangga dan menghargai Gedung Sate karena terdapat informasi adanya seorang insinyur lokal yang terlibat dalam pembangunan gedung bersejarah tersebut,” kata dia.

Share Di Social Media:

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan