start over Kenapa Kita Harus Hemat Air? - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Minggu, 24 September 2017

Kenapa Kita Harus Hemat Air?

Kenapa Kita Harus Hemat Air?




Fakta.co.id – Kalian tahu nggak kalau di planet kita 72 persennya adalah air? Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan kalau ada lebih dari 332,519,000 kubik mil air di bumi.

Dengan jumlah yang sangat melimpah, kenapa kita tetap harus hemat air, ya?

Menurut National Geophysical Data Center NOAA, sekitar 321,003,271 kubik mil air ini adanya di laut. Dalam kata lain, 97 persen air yang ada di bumi ini adalah air asin.

Kandungan garam yang terdapat dalam air laut sangat tinggi, lebih dari yang tubuh kita bisa proses. Maka dari itu, manusia tidak bisa meminum terlalu banyak air asin karena bisa menyebabkan kematian.

Kalau air yang banyak itu ada di laut dan kita nggak bisa minum air asin, terus sumber air minum kita dari mana, dong?

Air tawar bisa ditemukan di danau, sungai, dan aliran air yang tidak mengandung banyak garam. Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan air ini untuk bertahan hidup.

Kalau dihitung-hitung, 97 persen air ada di laut dan berarti hanya ada 3 persen air tawar. Jumlah yang sedikit ini juga belum termasuk 2 persen yang mengendap sebagai gletser dan membeku di bawah laut.

Jadi sebenarnya dari seluruh air yang ada di muka bumi, cuma ada 1 persen air yang bisa kita pakai untuk minum, memberi minum peliharaan, dan mengairi tanaman, lho!

Nah, kamu sekarang tahu, kan, kenapa harus hemat air? Mulai sekarang gunakan air dengan bijak dan jangan lupa matikan keran setelah selesai menggunakan.

Be Sociable, Share!

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan