start over 3 Trik Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak Perempuan - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Jum'at, 18 Agustus 2017

3 Trik Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak Perempuan

3 Trik Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak Perempuan




Fakta.co.id – Rasa percaya diri pada anak perempuan harus dibangun sedini mungkin. Tujuannya agar anak tumbuh dengan rasa menghargai diri sendiri yang tinggi.

Sebab, seperti kita ketahui bahwa sebelum menghargai orang lain, maka Anda harus belajar menghargai diri sendiri.

Berikut tiga kiat membangun rasa percaya diri pada anak perempuan:

Biarkan anak bermain sesuai keinginannya

Jangan mengkategorikan anak perempuan harus bermain masak-masakan, dan anak lelaki bermain bola.

Sebaliknya, selama aman dan baik, maka dorong dan motivasilah anak untuk berani bermain segala permainan yang mereka inginkan.

Memberikan kebebasan anak dalam memilih jenis permainan, berarti Anda melatih anak untuk percaya dengan kemauan dan pilihannya sendiri.

Bebas memberikan opini dan komentar

Tanyakan pendapat anak mengenai hal-hal ringan dalam keseharian, misalnya, biarkan dia menentukan sendiri baju tidur yang ingin dia kenakan, atau biarkan dia memilih menu makanan.

Kebiasaan yang demikian bisa membangun pola pikir dalam kepala anak bahwa orangtua percaya pada mereka.

Beth Malcom, Director, Girl’s Fund at The Canadian Women’s Foundation, mengatakan bahwa rasa percaya orangtua pada anak di usia dini bisa mengajarkan si kecil terhadap konsekuensi dari pilihan mereka dan juga belajar bertanggung jawab.  

Rajin bertanya pada anak

Orangtua, ketimbang Anda banyak memberikan aturan dan perintah pada anak, coba sesekali ajukan pertanyaan pada anak Anda. Percayalah, Anda akan terkesima dengan jawaban dan penjelasan anak.

Anda bisa bertanya pada anak, film apa yang sedang dia tonton? Siapa tokoh favoritnya? Mengapa dia menyukai film tersebut?

Dengarkan jawaban dan penjelasan anak. Lalu, jika si kecil memberikan jawaban yang tidak tepat, segera koreksi atau Anda bisa menantangnya mengenai alasan dari jawaban yang menurut Anda tidak tepat itu.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan