start over 3 Trik Agar Anak Tidak Rewel Saat Makan - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Selasa, 17 Januari 2017

3 Trik Agar Anak Tidak Rewel Saat Makan

3 Trik Agar Anak Tidak Rewel Saat Makan




Fakta.co.id – Pilih-pilih makanan dan rewel makan pada anak bisa jadi kebiasaan. Agar asupan nitrisinya tetap tercukupi siasati dengan kebiasaan baik.

Di zaman yang serba instan ini, anak-anak mungkin tidak memahami pentingnya makanan yang baik. Terkadang mereka juga belum tahu pasti manfaat dari makanan yang ia makan selain punya rasa enak.

Ini menjadi salah satu peran orang tua untuk membantu anak-anak mereka membangun kebiasaan makan yang baik. Akan tetapi hal ini juga dapat menjadi tantangan yang besar ketika anak-anak menjadi pemilih makanan.

Dilansir dalam Parent Herald (13/05), ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membangun kebiasaan makan baik pada si kecil sejak dini.

1. Kreatif
Orang tua tidak harus memasak masakan khusus untuk si picky eater. Akan tetapi Anda dapat mengetahui si kecil lebih menyukai makanan seperti apa. Biasanya, anak-anak lebih suka makanan berbahan dasar ayam dengan rasa gurih.

Selain dapat sajikan sayuran dengan beragam saus cocolan, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk meracik nugget yang dicampur dengan aneka sayuran. Jangan lupa bentuk makanan menyerupai bentuk kesukaannya seperti bintang ataupun hewan-hewan lucu.

Laura Jana, M.D, salah satu penulis dari Food Fights dan juru bicara di American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa anak-anak akan mencoba makanan tersebut ketika Anda sering memberikannya 10 atau bahkan 15 kali. Kuncinya adalah sabar dan tetap kreatif sajikan makanan anak.

2. Atur waktu makan
Terkadang, si kecil menolak makan karena masih merasa kenyang. Dengan adanya hal ini, tentu orang tua seharusnya mengatur jadwal untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Jangan lupa juga berikan camilan di sela-sela waktu pada pagi hari dan sore hari. Interval pemberian makanan camilan setidaknya dua jam setelah makan utama.

3. Negosiasikan menu makanan
Sebelum memasak, Anda bisa menanyakan menu makanan apa yang sedang diinginkan anak. Bernegosiasi dapat membuat anak mengonsumsi makanan yang kita masak.

Rata-rata sesorang memiliki 10.000 selera makan yang baru setiap dua minggu. Anak-anak lebih sensitif terhadap rasa sehingga ia akan lebih mudah menerima makanan dengan rasa yang gurih ataupun manis.

Selain bernegosiasi menu, Anda juga dapat mengajaknya untuk sama-sama menyiapkan makanan seperti bekal ataupun memasak bersama di hari libur. Cara ini dinilai optimal untuk merangsang kebiasaan makan sehat pada anak.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan