start over "Raja Spam", Hacker Didenda Rp 4 Miliar Karena Aksinya - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Jum'at, 18 Agustus 2017

“Raja Spam”, Hacker Didenda Rp 4 Miliar Karena Aksinya

“Raja Spam”, Hacker Didenda Rp 4 Miliar Karena Aksinya




Fakta.co.id – Spam atau pesan ‘sampah’ yang banyak beredar di internet, khususnya sosial media, adalah salah satu hal yang paling dibenci netizen. Namun tahukah Anda bila di luar sana ada seorang hacker yang mengklaim dirinya sebagai ‘Raja spam’?

Hacker itu adalah Sanford Wallace. Pria yang lahir tahun 1968 ini memulai serangan spam terbesarnya mulai tahun 2008-2009. Ketika itu Wallace mengirimkan 27 juta pesan spam ke 50.000 akun Facebook.

Spam tersebut berisi tautan yang mengarahkan pengguna ke beberapa situs untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs-situs tadi. Dari cara ini Wallace mendapatkan uang.

Akibat aksinya tersebut, Facebook dan MySpace yang ketika itu juga menjadi korbannya melayangkan gugatan pada Wallace. Hingga saat ini, kasus ini terus bergulir dan Wallace akhirnya diganjar hukuman penjara 30 bulan atau 2,5 tahun. Selain itu, Wallace dikena denda Rp 4,1 miliar akibat aksi ‘bom’ spam-nya.

Wallace sendiri sudah dikenal sebagai tukang spam sejak internet dan sosial media belum booming. Ya, Wallace pernah membuat sebuah perusahaan bernama ‘Cyber Promotion’ yang bertugas mengrimkan pesan-pesan fax atau email iklan ke banyak perusahaan dan individu meski mereka tidak menginginkannya.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan