start over Arti "Salaman" Semut Saat Bertemu - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Sabtu, 25 Februari 2017

Arti “Salaman” Semut Saat Bertemu

Arti “Salaman” Semut Saat Bertemu




Fakta.co.id – Ada lagu anak zaman dulu yang bercerita tentang semut yang selalu ‘salaman’ saat bertemu. Kalau diperhatikan, memang begitulah kebiasaan semut.

Sebetulnya, semut tidak bersalaman betulan lho. Mereka sebenarnya lebih tepat disebut bersentuhan. Apa gunanya?

Ada beberapa arti sentuhan bagi semut:

Mendeteksi bahaya
Tahukah kamu kalau sebenarnya semut itu buta, jadi mereka hidup dalam kegelapan. Mereka beraktivitas menggunakan sensor yang ada pada telinga atau antena mereka. Ketika mereka bertemu semut lain di luar sarangnya, maka semut akan menggunakan penciuman mereka pada semut lain untuk memastikan bahwa mereka berasal dari koloni yang sama. Jika berasal dari koloni yang berbeda, suaana tegang akan terjadi. Berkat penciuman semut yang tajam ini, mereka dapat mendeteksi penyusup dengan mudah.

Berbagi makanan
Semut ada yang bertugas untuk mencari makan dan membawanya ke sarang. Cara mereka berbagi makanan adalah dengan melakukan trophyllaxis. Ini umum pada semut, tawon, rayap, dan lain-lain. Trophyllaxis ini adalah proses mentransfer makanan dari anggota satu ke anggota yang lain yang berada pada satu koloni. Prosesnya bisa dari mulut ke mulut, atau dari anus ke mulut.

Ketika semut lapar, dia akan menyodok teman satu koloninya yang lain dengan antenanya. Jika si semut kedua itu memiliki beberapa makanan cadangan, mereka akan melakukan trophyllaxis.

Be Sociable, Share!

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan