start over 16 Kapal Layar Sambangi Gili Gede Lombok - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Jum'at, 18 Agustus 2017

16 Kapal Layar Sambangi Gili Gede Lombok

16 Kapal Layar Sambangi Gili Gede Lombok




Fakta.co.id – Sebanyak 16 kapal layar untuk pesiar atau yacht dari berbagai negara yang tergabung dalam komunitas Atlantic Rally Cruises, mengunjungi Gili Gede, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, untuk menikmati keindahan perairan laut dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Direktur PT. Marina Delrey H. Abu Bakar Abdullah, di Lombok Barat, Jumat (16/9), mengatakan para wisatawan asing yang membawa yacht tersebut berlayar dari Darwin, Australia dan tiba di Gili Gede pada Selasa (13/6).

“Mereka ada yang dari Amerika Serikat, Amerika Latin, Jerman, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Mereka langsung dari Darwin ke Gili Gede dan rencananya berlayar kembali pada Minggu (18/6),” kata Abu Bakar, seperti yang dikutip dari Antara.

PT. Marina Delrey merupakan perusahaan yang akan membangun marina atau tempat parkir kapal pesiar di Gili Gede.

Selama di Gili Gede, kata Abu Bakar, para wisatawan asing tersebut ada yang menginap di kapalnya dan sebagian lagi menginap di penginapan yang ada di pulau tersebut.

Selama satu minggu berada di Gili Gede, mereka akan melakukan berbagai aktivitas wisata air laut, seperti mengunjungi sejumlah pulau di Kecamatan Sekotong yang memiliki 13 pulau-pulau kecil.

Para turis mancanegara itu juga berkesempatan menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut.

“Masyarakat di Gili Gede mendapatkan berkah dari kedatangan yacht tersebut, ada yang menyewa perahu cepat untuk berkeliling pulau, ada juga yang menyewakan alat snorkeling,” ujar Abu Bakar.

Manfaat ekonomi lainnya yang diperoleh masyarakat sekitar, kata Abu Bakar, adalah jasa cuci pakaian, penginapan dan penyediaan makan malam serta pembelian berbagai kebutuhan pokok, untuk dijadikan bekal dalam perjalanan berlayar ke negara lainnya.

Tidak saja masyarakat di Sekotong yang menikmati berkah dari para turis mancanegara tersebut.

Perusahaan jasa perjalanan pariwisata juga memperoleh keuntungan, karena para pemilik yacht juga berkeliling ke sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok.

Destinasi wisata yang dikunjungi seperti Kota Tua Ampenan di Kota Mataram, kawasan wisata pantai Senggigi dan Taman Narmada di Kabupaten Lombok Barat, serta objek wisata air terjun benang kelambu serta sentra kerajinan kain tenun Sukarara di Kabupaten Lombok Tengah.

“Banyak efek ekonomi yang ditimbulkan bagi masyarakat di Pulau Lombok, dari kedatangan belasan yacht tersebut,” ucap Abu Bakar.

Rencananya, kata Abu, para pemilik kapal pesiar tersebut akan kembali berlayar dengan tujuan Pulau Christmas di Australia kemudian berlayar kembali menuju Cape Town di Afrika Selatan.

“Kami akan mengadakan acara pelepasan yang bisa memberikan kesan bagi mereka agar selalu ingat Gili Gede dan suatu saat kembali lagi dalam jumlah banyak,” ujar Abu Bakar.

Kedatangan belasan yacht dari berbagai negara ke Gili Gede kali ini merupakan yang kedua kali, setelah sebelumnya sebanyak 14 kapal sejenis dari berbagai negara juga singgah di pulau tersebut pada September tahun 2015.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan