FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

17 Desember 2017

10 Gerakan Ringan Yang Menguras Keringat Dan Melatih Otot

10 Gerakan Ringan Yang Menguras Keringat Dan Melatih Otot




Fakta.co.id – Liburan akhir tahun tinggal beberapa hari lagi. Banyak hal ingin dilakukan untuk mengisinya, dari berkumpul bersama orang terdekat sampai berjalan-jalan ke pulau seberang.

Saking sibuknya menyiapkan liburan, sampai-sampai melupakan satu hal penting: berolahraga. Padahal ada banyak gerakan sederhana yang bisa dilakukan di sela kesibukan sehari-hari yang seolah tanpa henti.

Riset membuktikan, ada segudang manfaat berlatih fisik secara rutin beberapa kali dalam sepekan. Lalu, bagaimana caranya bagi si super sibuk mencuri waktu untuk berolahraga? Jay Cardiello punya jawabannya.

Sang personal trainer merangkap anggota Gold’s Gym Fitness Institute yang pernah melatih selebriti macam Jennifer Lopez alias J.Lo ini memberikan tips rutin berlatih olahraga dalam tempo relatif singkat.

Berikut ini, 10 gerakan ringan yang menguras keringat dan melatih otot, dilansir dari Huffington Post:

1. Pushup di Atas Tempat Tidur

Bangun tidur dan ‘mager’ alias malas gerak? Saran Cardiello, lakukan pushup 60 detik di atas tempat tidur. “Permukaan tempat tidur tak seimbang layaknya lantai, jadi anda akan menguras tenaga dua kali lebih keras.”

2. Maksimalkan Aktivitas Harian

Anda bisa berolahraga sembari menyikat gigi—dua kali sehari. Berdiri bertumpu satu kaki beberapa menit, lalu bergantian dengan kaki satunya lagi. “Ini bukan hanya melatih otot, juga keseimbangan.”

3. Latihan Otot Demi Metabolisme

Olahraga rutin, diyakini Cardiello, bukan hanya memperkuat otot tubuh, tapi juga memperbaiki metabolisme. Untuk itu, lakukan gerakan squat dasar dengan 25 kali pengulangan per set. Lakukan tiga set.

4. Lakukan Gerakan Pemanasan

“Selama berwisata atau berlibur, otot kaki sering terasa kaku,” kata Cardiello. “Dengan melakukan gerakan pemanasan atau peregangan, tak sekadar menambah kelenturan, juga membangun kekuatan tubuh.”

Caranya mudah saja. Cardiello menginstruksikan untuk berbaring sembari mengangkat kaki kanan lurus ke atas, sementara kaki kiri tetap rebah, tahan 15 sampai 30 detik. Lakukan gerakan ini secara bergantian.

5. Gunakan Keranjang Belanja

“Ambil keranjang belanja ketimbang troli di supermarket dan bakar lah kalori ekstra selama 30 menit,” Cardiello menyarankan. Pastikan anda membawa keranjang belanjaan bergantian tangan kiri dan kanan.

6. Naik (dan Turun) Tangga

Gerakan sederhana bisa membuat perubahan besar. Agar kaki aktif bergerak, parkir lah kendaraan agak jauh dari pintu masuk gedung, juga naik dan turun tangga ketimbang lift atau eskalator.

7. Sempatkan Berjalan Kaki

Riset membuktikan, jalan kaki santai memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Cardiello merekomendasikan jalan kaki dipadu kegiatan bersama keluarga rutin per hari untuk memperkaya lahir batin.

8. Latihan Kardio di Mana pun

Lakukan olahraga ringan, dari jumping jack sampai squat, di sela kegiatan harian anda, semisal sembari menunggu masakan di oven matang. “Lakukan saja tanpa perlu memikirkan soal jumlah waktu atau kalorinya.”

9. Gerakan Ringan Bermanfaat

Tanpa perlu menguras tenaga dan keringat, gerakan ringan seperti membungkus kado juga menyehatkan. “Aktivits ini menyeimbangkan otot lengan, bahu dan leher, juga mengasah konsentrasi gerakan lengan dan jemari.”

10. Istirahat Teratur

Sahabat baik olahraga adalah istirahat teratur jadwal dan durasinya. “Tidur sangat penting untuk kebugaran,” kata Cardiello. Sebab kurang tidur malah memicu rasa lapar. Jadi makin parah bila pilihan makanannya tidak sehat.

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan