start over 12 Kota Kuno Yang Masih Dihuni Manusia - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Jum'at, 28 April 2017

12 Kota Kuno Yang Masih Dihuni Manusia

12 Kota Kuno Yang Masih Dihuni Manusia




Fakta.co.id – Kota-kota kuno telah menjadi pusat peradaban manusia selama berabad-abad. Evolusi terhadap kota-kota ini menunjukkan pengaruh  positif dan negatif dari peradaban manusia.

Kota tertua di dunia menampilkan arsitektur yang indah dan cerita menakjubkan. Namun sangat sedikit kota kuno yang masih berdiri alias masih dihuni manusia hingga saat ini. Dari yang sedikit itu, ini 12 kota kuno yang masih dihuni manusia:
 
1. Damaskus, Suriah

Damaskus secara luas diyakini sebagai kota tertua yang terus dihuni di dunia, dengan bukti tempat tinggal yang berusia 11.000 tahun. Lokasi kota ini telah membuatnya menjadi kota dengan sistem perhubungan untuk peradaban yang datang dan pergi. Hari ini wilayah metropolitan ini adalah rumah bagi sekitar 2,5 juta orang, dan pada tahun 2008 kota itu disebut Ibukota Kebudayaan Arab.

2. Yeriko

Benteng digali di Yeriko sekitar 6800 SM. Terkonfirmasi bahwa itu adalah awal kota bertembok mulai dikenal dan bukti tempat tinggal selama 11.000 tahun. Yeriko masih tetap dihuni dan hari ini sekitar 20.000 orang tinggal di sana.

3. Aleppo, Suriah

Bukti tempat tinggal di lokasi Aleppo sekitar 8.000 tahun yang lalu. Namun dari penggalian di situs yang terletak 15,5 mil di utara kota menunjukkan daerah itu dihuni sekitar 13.000 tahun yang lalu. Karena lokasinya di antara Laut Mediterania dan Mesopotamia, daerah ini merupakan Jalan Sutra yang melewati Asia Tengah dan Mesopotamia.  Aleppo adalah pusat dari dunia kuno, dan sekarang tetap menjadi kota terbesar di Suriah.

4. Athena, Yunani

Rumah kuno bagi dunia filsafat dan tempat kelahiran peradaban Barat. Kota ini merupakan tempat tinggal filsuf terkenal Socrates, Plato dan Aristoteles. Kota ini telah terus dihuni selama setidaknya 7.000 tahun.

5. Argos, Yunani

Sebuah pemukiman perkotaan yang berdiri selama sekitar 7.000 tahun terakhir. Kota ini telah lama kuat posisinya di dataran subur Argolis dan memiliki sejarah tentang netralitas. Misalnya, kota ini menolak untuk berperang atau mengirim pasukan selama Perang Yunani-Persia. Mungkin itu yang menyebabkan kota ini telah bertahan dalam ujian waktu.

6. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv awalnya sebuah pemukiman Thracian, yang dikenal sebagai Philippopolis, Yunani, dan merupakan kota besar bagi Roma. Kota ini juga pernah diperintah oleh kekaisaran Ottoman untuk sementara waktu. Kota yang indah ini memiliki sejarah yang kaya, bukti menunjukan sudah dihuni selama 6.000 tahun. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Bulgaria, serta merupakan pusat budaya dan pendidikan.

7. Byblos, Lebanon

Menurut penulis kuno Byblos, Philo, kota ini memiliki reputasi sejak zaman kuno. Kata bahasa Inggris untuk “Bible” berasal dari “Byblos”. Sebab melalui Byblos, papirus diimpor ke Yunani.
 
8. Sidon, Lebanon

Sidon adalah salah satu kota yang paling penting di Fenisia karena lokasinya sebagai pelabuhan penting di Mediterania.

9. Rayy, Iran

Terletak di wilayah metropolitan Teheran, Rayy (atau Rey) memiliki bukti tempat tinggal sejak 8.000 tahun. Kota ini mempertahankan kekayaan monumen bersejarah, seperti bukit cheshmeh Ali berusia 5.000 tahun dan kastil Gebri berusia 3.000 tahun. Kota ini merupakan kota yang sangat disucikan oleh kaum Zoroastrian.

10.  Yerusalem

Kota ini memiliki sejarah yang panjang bagi beberapa agama besar di dunia. Kota Tua Yerusalem yang termasuk daftar Situs Warisan Dunia, kini dalam bahaya karena pembangunan perkotaan modern, pariwisata, dan gejolak budaya lainnya.

11.  Luoyang, China

Sejumlah kota kuno pertama kali dibangun sekitar 4.000 tahun yang lalu di Timur Tengah dan Eropa, tapi Luoyang telah lama dikenal sebagai kota tertua terus dihuni di Asia. Terletak di dataran tengah China, Luoyang adalah kota tertua di negara ini dan merupakan salah satu dari tujuh kota kuno besar di China. Kota ini sudah di huni sejak zaman neolitik, dengan tempat tinggal terus menerus untuk setidaknya 4.000 tahun. Terletak di persimpangan dari sungai Luo dan Yi kota ini dianggap sebagai pusat geografis China kuno.

12.  Varanasi, India

Menurut legenda Hindu, Varanasi berusia lebih dari 5.000 tahun dan dianggap sebagai kota tertua di dunia, meskipun bukti tempat tinggal tercatat sejak sekitar 3.000 tahun lalu. Kota ini dianggap sebagai kota paling suci di dunia bagi umat Hindu. Lokasinya di tepi Sungai Gangga juga membuatnya jadi situs penting bagi peziarah Hindu.

Share Di Social Media:

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan