start over Komet Akan Terlihat di Malam Tahun Baru - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Minggu, 19 November 2017

Komet Akan Terlihat di Malam Tahun Baru

Komet Akan Terlihat di Malam Tahun Baru




Fakta.co.id – Sebuah komet akan menghiasi langit di malam Tahun Baru 2017, demikian dikatakan lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) seperti dilansir CNN pada Kamis (29/12/2016).

Komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdusakova, yang dinamai sesuai dengan para astronom yang menemukannya pada 1948, akan melintas dekat Bumi dan bisa dilihat oleh para penghuni planet ini pada 31 Desember malam.

Sebenarnya sejak 15 Desember lalu komet itu telah mulai nampak di langit sebelah barat, tetapi pada malam tahun baru komet itu akan terlihat melintas di dekat bulan.

Komet 45p, yang jalur lintasan orbitnya membentang hingga Yupiter, akan lebih mudah terlihat dari belahan Bumi bagian utara. Meski demikian menurut para astronom di NASA, manusia tetap butuh teleskop untuk melihatnya lebih jelas.

Komet 45p akan mencapai titik terdekat dengan matahari tepat pada 31 Desember dan masih akan terlihat dari Bumi hingga 15 Januari. Setelah itu ia akan menghilang selama dua pekan dan muncul kembali pada awal Februari.

Benda langit yang butuh waktu 5,25 tahun untuk merampungkan orbitnya itu akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada 11 Februari. Ketika itu ia akan melintas di ketinggian sekitar 11 juta kilometer di permukaan Bumi dan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan