FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

18 Desember 2017

Asia dan Afrika Dapat Tambahan Jatah Paling Banyak di Piala Dunia 48 Negara

Asia dan Afrika Dapat Tambahan Jatah Paling Banyak di Piala Dunia 48 Negara




Fakta.co.id – Negara-negara Asia dan Afrika akan mendapat tambahan jatah paling besar ketika jumlah peserta Piala Dunia resmi bertambah menjadi 48 negara mulai 2026.

Berdasarkan rencana yang diajukan FIFA, Asia akan mendapatkan kuota 8,5 negara dari semula 4,5 atau bertambah 47 persen. Angka 0,5 sendiri merujuk pada negara-negara yang tidak lolos otomatis tapi harus menjalani fase play-off. Sementara itu, Afrika juga mendapat pertambahan signifikan dari semula lima negara menjadi sembilan, atau naik 44,4 persen.

Meski demikian belum ada skema lebih lanjut soal format kualifikasi Asia, akankah berubah dari semula tiga fase menjadi dua. Total 47 negara akan memperebutkan 8,5 jatah Asia, sementara 56 negara Afrika memerebutkan sembilan slot.

Perubahan format Piala Dunia sendiri mendapatkan kritik, bukan hanya dari negara-negara Eropa tapi juga Australia.

Salah satunya adalah bintang Socceroos yang menyatakan format baru itu justru melemahkan citra Piala Dunia.

“Kami tak membutuhkan skor 31-0 di Piala Dunia. Turnamen itu harusnya spesial, sangat sangat spesial,” kata Paul Wade seperti dikutip dari Yahoo Sports.

“Ketika kami lolos (pada 2006), ketakutan terbesar saya adalah kami membutuhkan 180 menit di fase play-off untuk mencapainya. Jika kami terpeleset, maka semuanya berakhir. Empat tahun persiapan, semuanya berakhir.”

Sementara itu, China menjadi negara yang memberikan respons positif terhadap skema baru tersebut. Juru bicara pemerintah China menyatakan bahwa keputusan baru FIFA itu akan membantu negaranya mencapai mimpi terbesar mereka yaitu berkompetisi di level tertinggi.

“Bahkan jika pada 2026 nanti tingkat teknik dan strategi di sepak bola China belum berkembang pesat, tujuan utama reformasi sepak bola China sudah akan terealisasi di masa-masa itu,” kata juru bicara pihak Asosiasi Sepak Bola China (CFA).

“Saat itu, dengan adanya bonus penambahan kuota Piala Dunia, sangat mungkin mimpi China kembali ke Piala Dunia akan terwujud.”

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan