start over Stasiun Rangkasbitung Ditargetkan Beroperasi Awal Februari - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Minggu, 26 Februari 2017

Stasiun Rangkasbitung Ditargetkan Beroperasi Awal Februari

Stasiun Rangkasbitung Ditargetkan Beroperasi Awal Februari




Fakta.co.id – PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) menargetkan stasiun Rangkasbitung bisa beroperasi pada akhir bulan ini atau awal bulan depan. Nantinya, penambahan kereta menuju stasiun ini akan dilakukan bertahap sampai April 2017.

Direktur Utama KCJ M. Nurul Fadhil menjelaskan, perusahaan akan menyiapkan satu rangkaian kereta listrik berjumlah 10 kereta dengan relasi Rangkasbitung-Tanah Abang-Angke dan sebaliknya. Nantinya, satu rangkaian kereta ini akan berangkat empat kali baik dari Angke maupun Rangkasbitung.

Pemberangkatan dari stasiun Rangkasbitung rencananya terdapat pada pukul 04.50 WIB dan 08.25 WIB. Sementara itu, kereta dari Angke ke Rangkasbitung terdapat pada pukul 08.10 WIB dan 15.10 WIB.

Jika ini berhasil, maka perusahaan akan menambah lima rangkaian kereta pada bulan April mendatang.

“Nanti mulai awal bulan depan akan kami jalankan satu commuter line dan mengganti kereta lokal. Sampai April nanti, kereta api lokal non-listrik semuanya akan diganti dengn commuter line,” ujar Fadhil, Rabu (11/1).

Karena Angke merupakan stasiun akhir dari relasi ini, maka perusahaan juga tengah menata stasiun Angke. Saat ini, lanjutnya, KCJ tengah mengatur lokasi pasar Angke agar stasiun terbebas dari aktivitas jual beli layaknya pasar biasanya.

“Yang sedang kami kejar adalah stasiun Angke. Di sana butuh ekstra kerja keras karena ada di sana ada pasar. Kami tidak ingin masyarakat yang sudah tertib kereta api harus terganggi dengan buah-buahan yang juga ikut naik ke dalam kereta. Sembari melakukan penataan, kami juga akan memasang gerbang (gate) elektronik dan pasang loket,” lanjutnya.

Selain itu, KCJ juga akan menata stasiun Citeras dan Rangkasbitung, yang merupakan dua stasiun perpanjangan dari Stasiun Maja. Fadhil mengatakan, KCJ sudah memperluas peron sepanjang 220 meter di Stasiun Citeras dan sudah menambahkan loket serta gate elektronik di kedua stasiun tersebut.

Di tahap awal ini, sebanyak 6 ribu penumpang dari Rangkasbitung dan 350 penumpang dari Citeras bisa diakomodasi. “Kalau commuter line sudah jalan, nanti penumpang punya waktu tempuh yang lebih baik dibanding menggunakan kereta lokal,” jelas Fadhil.

Sebagai informasi, rata-rata penumpang harian commuter line mencapai 833,67 ribu penumpang di tahun 2016. Total penumpang sepanjang tahun 2016 tercatat sebesar 280,58 juta penumpang.

Sementara itu, KCJ berharap bisa mengakomodasi penumpang sebesar 1,2 juta orang per hari pada tahun 2019. Melihat realisasi tahun 2016, maka capaian KCJ baru mencapai 69,5 persen dari target 2019.

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan