start over Kurangi Risiko Kanker Kulit Dengan Makan Tomat - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Rabu, 26 Juli 2017

Kurangi Risiko Kanker Kulit Dengan Makan Tomat

Kurangi Risiko Kanker Kulit Dengan Makan Tomat




Jakarta, Fakta.co.id – Konsumsi tomat setiap hari terbukti menurunkan risiko kanker kulit. Sebuah eksperimen pada tikus menunjukkan, risiko kanker berkurang hingga 50 persen berkat asupan tomat.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Scientific Reports, para ilmuwan memberikan serbuk tomat pada sekelompok tikus jantan. Tikus-tikus itu lalu diberi paparan sinar ultraviolet.

Dalam 35 pekan, teramati penurunan kanker kulit sebesar 50 persen dibandingkan kelompok tikus yang tidak mendapatkan tomat.

Menurut para ilmuwan, rahasianya terletak pada karotenoid, yakni pigmen yang memberikan warna pada tomat. Pigmen tersebut melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, salah satu penyebab kanker kulit.

Namun peran kandungan lain pada tomat juga diyakini ikut berperan. Terbukti dalam penelitian-penelitian sebelumnya, para ilmuwan menemukan perbedaan ketika karotenoid diberikan dalam bentuk tomat utuh dibandingkan dengan suplemen yang disintesis.

“Tomat tampak lebih efektif mencegah kemerahan akibat paparan ultraviolet, yang artinya kandungan lain juga mungkin berperan,” kata sang peneliti, Tatiana Oberyszyn seperti dikutip dari Sciencedaily.

Share Di Social Media:

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan