start over Putaran Pertama Negosiasi Brexit Dimulai - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Minggu, 24 September 2017

Putaran Pertama Negosiasi Brexit Dimulai

Putaran Pertama Negosiasi Brexit Dimulai




Fakta.co.id – Menteri Brexit David Davis memulai putaran pertama negosiasi terkait langkah Inggris keluar dari Uni Eropa dalam pembicaraan dengan lawan mainnya dari sisi UE, Michel Barnier, melalui pertemuan yang dimulai hari ini, Senin (17/7).

Sebulan setelah pertemuan pertama yang berlangsung hangat antara kedua pejabat terjebut, kini Barnier akan menekan Davis untuk membawa Inggris menyepakati sejumlah komitmen finansial yang substansial dan menjelaskan rincian lebih jauh soal proposal pengunduran diri negaranya dari organisasi tersebut.

Dengan waktu yang hanya tersisa satu tahun lebih, para pemimpin 27 negara Uni Eropa ingin Perdana Menteri Theresa May menggiring kepergian negara dengan ekonomi kedua terbesar itu dengan rencana terperinci yang bisa meminimalisir gangguan sosial ekonomi di seluruh penjuru Eropa.

Davis dan Barnier akan tampil di depan wartawan pada 7.15 GMT, sebelum sesi pertama pembicaraan tersebut dimulai.

“Kami memulai dengan baik bulan lalu, dan pekan ini kami akan mulai masuk ke substansi yang sesungguhnya,
kata Davis dalam naskah pernyataan yang akan dibicarakan sebelum pertemuan dimulai, sebagaimana dikutip oleh Reuters. “Melindungi hak semua warga kami adalah prioritas saya di ronde ini dan jelas itu hal yang mesti saya kedepankan.”

Kantor Davis menyebut penawaran Inggris bulan lalu sebagai tawaran yang “adil dan serius.” Namun, Barnier tak sepakat karena kesepakatan itu tidak memenuhi memungkinkan 3 juta warga negara tersebut untuk mempertahankan hak kehidupan di pengadilan Uni Eropa setelah Inggris kedua pihak bercerai.

Para negosiator akan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang membicarakan empat prioritas sebelum konferensi pers Kamis ini.

Kelompok-kelompok itu akan berfokus pada tiga aspek; hak warga negara; tuntutan Uni Eropa agar Inggris membayar 70 miliar juta untuk sejumlah komitmen anggaran blok; dan sejumlah hal lain seperti nasib barang-barang Inggris di pasar Uni Eropa ketika Brexit terjadi.

Sementara itu, sesi keempat yang diselenggarakan oleh wakil kedua pejabat, Olover Robbins dan Sabine Weyand, akan berfokus pada pembatasan masalah di Iralndia Utara setelah perbatasan darat Uni Eropa memisahkannya dari Irlandia.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan