start over Maestro Seni Tradisional dari Kepulauan Sangihe - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Minggu, 24 September 2017

Maestro Seni Tradisional dari Kepulauan Sangihe

Maestro Seni Tradisional dari Kepulauan Sangihe




KEPULAUAN SANGIHE, Fakta.co.id — Agustinus Sasandu (67) dinobatkan sebagai Maestro Seni Tradisi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada September 2016 atas dedikasi dan pengabdiannya sebagai Pembuat, Pelatih, Pengaransemen dan Konduktor Alat Musik Bambu di Kepulauan Sangihe.

 

Agustinus telah mengabadikan dirinya sebagai penjaga musik tradisi itu selama 48 tahun. Tak terhitung lagi berapa tumpukkan (group) musik bambu yang dilatihnya. Lelaki murah senyum ini tak pelit untuk berbagi talenta dan pengetahuannya tentang musik bambu.

Dedikasinya yang tinggi menjaga tradisi masyarakat suku Sanger itu telah memicu kreatifitasnya untuk menciptakan variasi bentuk musik bambu secara melengkung dan meniru berbagai bentuk alat musik seperti terompet dan trombone. Itu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Dalam memilih bambu yang akan dibuat sebagai alat musik Agustinus juga tak sembarang menebang. Dia bahkan memiliki metode tersendiri agar jenis bambu untuk pembuatan alat musik itu tetap lestari. Untuk kepeduliannya terhadap lengkungan itu, dia pernah diganjar Kehati Award Citra Lestari Kehati pada tahun 2014.

Kini, lewat pendampingan Konsorsium Nusa Utara yang terdiri dari Perkumpulan Yapeka dan Perkumpulan sampiri, Agustinus yang tinggal di Kampung Likuang, Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe itu mengisi waktunya di sela-sela pembuatan alat musik bambu dengan bertani secara organik.

Keputusannya untuk meninggalkan ketergantungan terhadap pupuk kimiawi sebagai komitmennya untuk terus menjaga alam tetap lestari.

“Mencintai alam akan sangat berarti jika kita mewujudkannya dengan memperlakukan alam secara alami dan sekaligus mencintai budaya dimana kita hidup,” ujar Agustinus.

Be Sociable, Share!

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan