start over Beralih ke Online, Bank-bank di Eropa Tutup 9.100 Cabang - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Senin, 20 November 2017

Beralih ke Online, Bank-bank di Eropa Tutup 9.100 Cabang

Beralih ke Online, Bank-bank di Eropa Tutup 9.100 Cabang




Fakta.co.id – Federasi Perbankan Eropa mencatat, bank-bank di Uni Eropa menutup 9.100 cabang dan memangkas sekitar 50 ribu karyawan sepanjang tahun lalu, karena pelanggan semakin memilih perbankan online.

Dikutip dari Reuters, jumlah cabang bank di Uni Eropa telah berkurang menjadi 189.000 pada akhir 2016, turun 4,6 persen pada tahun sebelumnya. Sementara, jumlah staf terendah mereka sejak 1997, sekitar 2,8 juta orang.

Sebanyak 48 ribu cabang telah ditutup di blok tersebut sejak 2008 atau setara lebih dari seperlima pengurangan. Namun, bank mempercepat penutupan tahun lalu dibandingkan dengan 2015, ketika 3 persen cabang menutup pintu mereka.

Dengan banyaknya pelanggan yang menerima pembayaran elektronik dan perbankan digital serta mobile banking dan tingkat suku bunga di titik terendah, bank-bank telah memangkas gerai fisik mereka untuk menghemat biaya.

Suku bunga rendah menekan margin yang dapat dikenakan bank untuk pinjaman atau memperoleh investasi, membuat keuntungan menipis.

Beberapa bank di negara-negara Eropa tersebut merespons dengan menutup cabang. Sementara bank-bank Inggris saja telah menutup 762 cabang pada tahun ini.

Sebagai alternatif, bank-bank di beberapa negara telah memperkenalkan biaya atas layanan gratis sebelumnya, termasuk rekening bank dan penarikan dasar, agar bisnis tetap berjalan.

Perbankan juga tengah melakukan perubahan dengan mengkonsolidasikan atau menggabungkan sistem untuk meningkatkan profitabilitas, sebuah tren yang dimulai pada tahun 2009.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan