start over Sepertiga Bangunan di Saint Martin Rata Akibat Hantaman Badai Irma - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Sabtu, 18 November 2017

Sepertiga Bangunan di Saint Martin Rata Akibat Hantaman Badai Irma

Sepertiga Bangunan di Saint Martin Rata Akibat Hantaman Badai Irma




Fakta.co.id – Setidaknya sepertiga bangunan di wilayah Saint Martin atau Sint Maarten yang dikendalikan oleh Belanda dilaporkan rata akibat hantaman Badai Irma. Laporan tersebut disampaikan oleh Palang Merah Belanda.

Sebagaimana dikutip dari CBS News, Rabu (13/9/2017) Palang Merah Belanda membuat penilaiannya berdasarkan foto-foto yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan Belanda. Kemudian organisasi itu membandingkannya dengan survei dari 5.500 bangunan di sana sebelum dihantam Badai Irma.

Badai Irma merupakan badai terkuat yang pernah tercatat namun banyak bagi warga yang tinggal di Saint Martin justru pasca-hantamannya yang justru menjadi mimpi buruk. Sebab hancurnya beragam infrastruktur merupakan salah satu dampak dari Badai Irma.

Susan Coquin merupakan satu dari ribuan orang di Saint Martin yang kehilangan tempat tinggalnya. “Melewati badai, dijarah, dan dirampok. Tempat tinggalku hancur. Empat puluh tahun hidupku di sini (hilang-red),” ujar perempuan asal Amerika Serikat itu.

Raja Belanda, Willem-Alexander, dilaporkan sudah mengunjungi pulau yang menjadi bagian kedaulatan negaranya tersebut. Ia mengatakan bahwa sudah melihat banyak zona perang dalam hidupnya tapi tidak pernah melihat keadaan yang serupa di Saint Martin usai hantaman Badai Irma.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, disebut juga sudah terbang menuju Saint Martin untuk melihat keadaan di sana. Kabar kunjungan itu disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerard Collomb.

“Emmanuel Macron akan pergi ke Saint Martin pada Selasa pagi dengan barang-barang serta bantuan,” tutur Collomb.

Sekadar informasi, Saint Martin yang berada di wilayah Kepulauan Karibia merupakan pulau yang dibagi dua secara kedaulatannya. Di satu sisi dikendalikan oleh Prancis sedangkan di sisi lainnya yang dikenal dengan istilah Sint Maarten merupakan bagian dari kedaulatan Kerajaan Belanda.

Reuters mewartakan, Badai Irma telah menewaskan 10 orang di wilayah Saint Martin bagian Prancis dan Pulau Saint Barthelemy. Saat ini masih ada tujuh orang yang dinyatakan hilang.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan