start over Hari Ini, Halimah Yacob Akan Disumpah Sebagai Presiden Singapura - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Sabtu, 18 November 2017

Hari Ini, Halimah Yacob Akan Disumpah Sebagai Presiden Singapura

Hari Ini, Halimah Yacob Akan Disumpah Sebagai Presiden Singapura




Fakta.co.id – Halimah Yacob saat ini sudah berstatus sebagai presiden terpilih Singapura usai menyerahkan dokumen pemilihan presiden pada Rabu 13 September 2017. Bila sesuai jadwal maka pada hari ini, ia akan disumpah dan resmi menjadi Presiden Singapura perempuan pertama yang berasal dari etnis Melayu.

Sebagaimana dikutip dari The Strait Times, Kamis (14/9/2017) People Association Headquarter yang menjadi lokasi pusat pencalonan presiden mendadak dipenuhi oleh ribuan orang yang berasal dari berbagai kalangan pada Rabu. Mereka menggunakan pakaian berwarna jingga untuk menunjukkan dukungan Halimah menjadi Presiden Singapura.

Kondisi langsung berubah ramai dengan sorakan ketika petugas di People Association Headquarter, Ng Wai Choong, mendeklarasikan penyerahan dokumen Halimah. “Karena Nyonya Halimah Yacob adalah satu-satunya kandidat, saya nyatakan Nyonya Halimah Yacob sebagai kandidat yang terpilih (menjabat-red) di Kantor Presiden Republik Singapura,” tutur Choong.

Pencalonan dan kemenangan Halimah ini digadang-gadang sangat mencerminkan masyarakat Singapura yang beragam. “Meski ini adalah pemilihan yang dicadangkan, saya bukanlah presiden cadangan. Saya adalah presiden untuk semua orang, terlepas dari ras, bahasa, agama atau kepercayaan,” ucap Halimah.

“Saya mewakili semua orang. Tugas saya tetap hanya untuk Singapura dan warganya, tugas saya tetap hanya untuk Anda,” tegasnya. Halimah yang lancar berbicara dalam bahasa Inggris dan Melayu menyebut bahwa pemilihan ini menunjukkan bagaimana warga Singapura menerapkan multirasial yang positif.

Pada pidatonya itu, ia juga berterima kasih kepada warga Singapura atas dorongan dan dukungan terhadap pencalonan dirinya sebagai presiden pada Agutus. Ia mengatakan, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berdiri bersama demi berfokus untuk menjadikan Singapura sebagai rumah yang hebat untuk semua orang.

Setelah pidato tersebut, para pendukungnya di People Association Headquarter langsung meneriakkan nama Halimah. Ribuan pendukungnya juga membawa sebuah spanduk yang bertuliskan ucapan selamat terhadap Presiden Halimah Yacob.

Jadwal inaugurasi Halimah juga sudah diumumkan oleh kantor Perdana Menteri Singapura. “Presiden kedelapan Singapura, Nyonya Halimah Yacob, akan dilantik pada saat inaugurasi yang akan digelar pada Kamis, 14 September 2017, pukul 18.00, di istana,” tulis kantor Perdana Menteri Singapura melalui pernyataannya.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan