FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

17 Desember 2017

Pria di China Hampir Meregang Nyawa Setelah Memencet Bisul di Hidung

Pria di China Hampir Meregang Nyawa Setelah Memencet Bisul di Hidung




Fakta.co.id – Seorang pria dari Zhejiang, China hampir merenggang nyawa setelah memencet bisul di area hidung. Dia mengira bisul itu adalah jerawat, padahal dampaknya menginfeksi dirinya.

Pria itu memencet “jerawat” lalu keluar banyak nanah. Tak berhenti di situ, setelah keluar nanah, benjolan kecilnya jadi membengkak.

Dia tak pernah menyadari bahwa yang dilakukannya itu berbahaya. Semakin lama, dia melakukan hal yang sama dan akhirnya wajahnya bengkak.

Akibat dari perbuatannya itu, dia merasakan rasa sakit di bagian wajah. Lalu, pria itu mencari pertolongan pertama di sebuah rumah sakit dekat tempat tinggalnya.

Saat pria tersebut mencari pertolongan di rumah sakit setempat, dia mengalami demam tinggi dan tidak bisa bernapas dengan benar. Kadar glukosa darahnya juga meningkat dengan cepat.

Dia kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Pertama Provinsi Zhejiang untuk perawatan. Di sana, pria itu hampir kehilangan nyawa karena kondisinya semakin parah.

Seorang dokter yang merawat pria tersebut mengatakan, daerah segitiga atau hidung tersebut memang berbahaya jika ditumbuhi jerawat. Karena banyak jaringan saraf yang memegang peranan penting bagi kesehatan seseorang.

Lalu, untuk kasus pria tersebut ternyata mengalami sepsis. Itu merupakan bentuk komplikasi infeksi yang serius, yang memicu respon inflamasi ke seluruh tubuh. Jika tak segera ditangani, dapat menyebabkan kerusakan jaringan organ.

Pria itu juga tak menyadari bahwa dirinya telah menderita diabetes. Akibatnya, tubuhnya sulit melawan segala bentuk infeksi yang membahayakan nyawanya.

Untuk menyelamatkan nyawanya, dokter membuang sekira 8 cm jaringan di dekat bibir atasnya. Lalu, mengeluarkan 100 ml nanah dari daerah yang terinfeksi.

Setelah operasi, bekas lukanya juga masih mengeluarkan nanah sekira 50 ml-100 ml nanah selama lima hari berturut-turut. Setelah kondisinya stabil, dia dipulangkan ke rumah dan melakukan rawat jalan.

Pria itu bukanlah pertama kali mengalami hal berbahaya. Sebelumnya, masih di China, tepatnya di Jiangsu, ada seorang pria 29 tahun yang mengalami sepsis.

Awalnya, dia memencet bisul di bagian hidung yang dikira jerawat. Tapi kondisinya selamat, karena mendapatkan pertolongan dokter dengan cepat.

Nah, agar tidak mengalami hal yang sama, Anda diingatkan untuk tidak sembarangan memencet jerawat di sekitar hidung. Dampaknya bisa menyebabkan infeksi pada folikel rambut atau kelenjar sebaceous, kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Demikian dilansir Asiaone, Jumat (22/8/2017).

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan