FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

17 Desember 2017

Meksiko Dihantam Gempa Susulan Berkekuatan 6,2 SR, 5 Orang Meninggal Dunia

Meksiko Dihantam Gempa Susulan Berkekuatan 6,2 SR, 5 Orang Meninggal Dunia




Fakta.co.id – Ibu Kota Meksiko, Mexico City, dihantam gempa susulan pada Sabtu 23 September siang waktu setempat. Gempa berkekuatan 6,2 pada skala Richter (SR) itu merenggut lima orang korban jiwa dan menimbulkan ketakutan di kalangan penduduk. Gempa itu juga sempat menghentikan pencarian para korban yang masih hidup akibat gempa pada awal pekan ini.

Gunung Api Popocatepetl yang terletak di sebelah selatan Mexico City mengirim gumpalan asap ke udara, membatasi periode aktivitas seismik termasuk dua gempa kuat bulan ini yang telah merenggut lebih 400 jiwa dan menimbulkan kerusakan hingga senilai 8 miliar dolar AS.

Ibu kota Meksiko itu diguncang oleh gempa berkekuatan 7,1 pada Selasa 19 September yang meratakan puluhan bangunan dengan tanah dan menewaskan sedikitnya 307 orang. Aksi tanggap darurat oleh pemerintah terhadap bencana alam tersebut diamati dengan seksama menjelang pemilihan presiden 2018.

Walau gempa paling akhir tidak sedestruktif, ketakutan di kalangan penduduk tinggi. Warga-warga masyarakat yang ketakutan merundukkan badan dan berdoa ketika tanda gempa berbunyi dan dua wanita meninggal akibat serangan jantung pada saat bumi berguncang, kata pemerintah kota, Minggu (24/9/2017).

Kecemasan akan gempa dapat menyebabkan keruntuhan melumpuhkan usaha-usaha pertolongan di sebuah kompleks perumahan di wilayah dekat Mexico City, membuat frustrasi warga yang sebelumnya meyakini sejumlah orang masih terkubur hidup-hidup di bawah reruntuhan.

Pada malam hari, warga menggali kembali reruntuhan untuk menemukan mayat dan mereka yang masih hidup. Di tempat lain, pekerjaan pertolongan dihentikan sementara begitu tanda gempa berbunyi dua kali di sepanjang jalan-jalan kota itu.

Survei Geologi Amerika Serikat menyatakan gempa paling akhir relatif dangkal dengan pusat gempa dekat Juchitan, sebuah kawasan tropis di negara bagian Oaxaca yang dilanda gempa berkekuatan 8,1 pada 7 September.

Tiga orang meninggal dalam gempa pada Sabtu di Oaxaca, termasuk seorang pria yang diserang segerombolan lebah, kata pihak berwenang. Pihak seismologi Meksiko mengatakan gempa pada Sabtu merupakan gempa susulan, yang paling kuat melanda negara itu dalam 85 tahun dan membunuh sedikitnya 98 orang.

Gunung Popocatepetl, yang tampak jelas terlihat pada siang hari bagi 20 juta orang yang tinggal kawasan metropolitan Mexico City, menyemburkan uap air dan gas yang berisi abu setelah ledakan-ledakan kecil pada Sabtu 23 September.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan