start over Beberapa Kebiasaan yang Sering Kali Membuat Gaji Tidak Dapat Ditabung - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Jum'at, 24 November 2017

Beberapa Kebiasaan yang Sering Kali Membuat Gaji Tidak Dapat Ditabung

Beberapa Kebiasaan yang Sering Kali Membuat Gaji Tidak Dapat Ditabung




Fakta.co.id – Pernahkah Anda mengalami gaji sudah mulai menipis saat baru pertengahan bulan? Padahal, Anda merasa bukanlah tipikal orang yang boros. Banyak faktor yang menyebabkan hal seperti ini terjadi pada Anda. Faktor pertama bisa jadi dikarenakan penghasilan yang cukup rendah sehingga sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan harian.

Selain itu, faktor lainnya yang dapat membuat kondisi ini terjadi adalah ketika Anda memiliki pemahaman dan kebiasaan finansial yang salah sehingga berdampak negatif untuk keuangan. Jika penyebabnya merupakan gaji yang kurang, Anda bisa menyelesaikannya dengan bernegoisasi bersama perusahaan atau mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih layak.

Namun, jika penyebabnya adalah pemahaman Anda yang salah, solusinya adalah dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk bagi keuangan. Nah, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang sering kali membuat gaji tidak dapat ditabung.

1. Pemasukan dan Pengeluaran Tidak Terekap

Kebiasaan yang sering kali tanpa sadar membuat uang terus keluar adalah ketika Anda jarang, bahkan tidak pernah merekap pemasukan dan pengeluaran. Banyak orang yang meremehkan hal ini karena memercayai perasaan sendiri yang merasa uangnya masih banyak. Padahal, tanpa adanya catatan tersebut, Anda tidak akan bisa mengevaluasi kondisi finansial.

Selain itu, tanpa catatan pemasukan dan pengeluaran, Anda tidak akan tahu pengeluaran apa saja yang bisa ditekan. Untuk itu, ubahlah hal tersebut dengan selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan detail. Bila malas mencatat secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi yang memfasilitasi hal tersebut.

2. Menghabiskan Uang untuk Jangka Pendek Bukan Jangka Panjang

Biasanya ketika dilanda masalah dan sulit untuk mengatasinya, kebanyakan orang malah cenderung tidak memedulikan dan membiarkan masalah tersebut. Hal ini terkadang juga dibawa hingga ke masalah finansial yang mana menyebabkan terjadinya pemborosan.

Jika hanya memikirkan dan fokus pada saat ini tanpa memikirkan tentang masa depan, tentu saja membuat Anda terjebak pada masalah finansial. Padahal, tidak ada ruginya kalau Anda harus memikirkan masa depan saat ini ketika mengambil keputusan terkait finansial.

3. Berpikir Menabung dan Investasi untuk yang Bergaji Besar

Pendapat seperti ini jelas merupakan salah besar. Menabung tidak ada kaitannya dengan gaji kecil ataupun besar. Siapa pun bisa menabung dan memang sebaiknya menabung. Namun, saat ini banyak orang pada usia muda yang berpikir kalau terlalu dini untuk menabung ataupun berinvestasi. Dengan begitu, hal ini memicu sifat konsumtif yang dapat menghabiskan uang berdasarkan keinginan semata.

Pemikiran seperti ini jelas salah besar. Tabungan dan investasi akan sangat menguntungkan, apalagi untuk jangka panjang. Bila sanggup, usahakan sedari dini untuk menabung dan berinvestasi untuk kepentingan masa depan Anda. Jika hal ini dilakukan sedari dini, tentu saja Anda bisa mencapai kesuksesan dalam waktu yang singkat.

4. Mencampuradukkan Keinginan dengan Kebutuhan

Kebiasaan lainnya yang sering terjadi adalah ketika Anda tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini cukup berpengaruh penting pada perencanaan keuangan yang Anda buat. Jika Anda tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, tentu saja hal ini bisa membuat Anda tidak dapat memprioritaskan hal mana yang penting untuk didahulukan.

Untuk itu, pahamilah bagaimana memilih prioritas kebutuhan yang tepat sehingga tidak tercampur dengan keinginan yang dapat membuat anggaran malah jadi berantakan.

5. Gaya Hidup Jadi Ukuran

Tidak ada salahnya jika Anda memiliki keinginan untuk meningkatkan standar hidup. Akan lebih baik ketika Anda mengalami peningkatan pemasukan, tak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak penting. Jika hal tersebut terus dilakukan, bisa jadi Anda akan kesulitan untuk menabung dan investasi.

Tinggalkan Segala Kebiasaan Buruk yang Mempersulit Finansial

Sadari hal-hal apa saja yang menyebabkan kondisi finansial menjadi memburuk dan kemudian berusahalah untuk meninggalkannya. Jangan lupa untuk menabung dan berinvestasi yang mana akan sangat berpengaruh untuk masa depan yang lebih baik.

Be Sociable, Share!

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan