start over Dapat Gaji Sebesar Rp53 Juta Per Bulan, Presiden Tanzania Klaim Bergaji Terkecil di Afrika - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Kamis, 23 November 2017

Dapat Gaji Sebesar Rp53 Juta Per Bulan, Presiden Tanzania Klaim Bergaji Terkecil di Afrika

Dapat Gaji Sebesar Rp53 Juta Per Bulan, Presiden Tanzania Klaim Bergaji Terkecil di Afrika




Fakta.co.id – Presiden Tanzania, John Magufuli, mengaku hanya mendapat gaji sebesar USD4.000 (setara Rp53 juta) per bulan. Ia mengklaim, jumlah tersebut membuatnya termasuk ke dalam daftar pemimpin bergaji terkecil di Benua Afrika.

Pria berusia 57 tahun itu lantas membandingkan gajinya dengan para pejabat eksekutif di perusahaan-perusahaan milik negara. John Magufuli menuturkan, meski sudah diturunkan, gaji para eksekutif itu masih lebih besar darinya, yakni pada nilai USD6.700 (setara Rp91 juta) per bulan.

“Mereka bisa meninggalkan (pekerjaan) itu jika mereka tidak menginginkannya,” tegas John Magufuli, mengutip dari Reuters, Rabu (4/10/2017).

Curahan hati itu dilontarkannya bukan tanpa maksud. John Magufuli mengkritik penyalahgunaan dana publik yang liar di perusahaan-perusahaan milik negara. Ia bahkan menolak permintaan dari para pejabat lokal untuk menaikkan gaji mereka dua kali lipat.

John Magufuli bukannya tidak ingin menaikkan, tetapi kondisi di mana warganya kekurangan akses terhadap air bersih, jaminan kesehatan, dan listrik, tidak memungkinkan untuk menaikkan gaji. Ia sendiri dijuluki ‘Si Buldoser’ sejak naik jabatan pada November 2015 karena senang memotong anggaran belanja negara.

Magufuli memberlakukan kebijakan pengetatan anggaran di Tanzania. Salah satunya adalah melarang para pejabat negara bepergian ke luar negeri. Ia juga mencopot para ‘pekerja hantu’ yang dibayar dengan menggunakan anggaran negara.

Klaim gaji terkecil tersebut ada benarnya jika dibandingkan dengan dua pemimpin negara Afrika lainnya. Sebagai informasi, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dibayar USD14 ribu per bulan (setara Rp188 juta) sementara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menikmati bayaran sebesar USD20 ribu (setara Rp269 juta) setiap bulan.

Gaji yang diterima John Magufuli bahkan tidak ada apa-apanya daripada yang diterima Presiden Nigeria Muhammadu Buhari yang sudah mengalami pemotongan 50% sejak naik jabatan pada Mei 2015. Buhari setiap bulannya menerima USD70 ribu (setara Rp943 juta).

Be Sociable, Share!

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan