start over Mantan Presiden Irak, Jalal Talabani Meninggal Dunia - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Kamis, 23 November 2017

Mantan Presiden Irak, Jalal Talabani Meninggal Dunia

Mantan Presiden Irak, Jalal Talabani Meninggal Dunia




Fakta.co.id – Mantan Presiden Irak dan politikus Kurdi, Jalal Talabani dilaporkan meninggal dunia pada 3 Oktober 2017 di usianya yang ke-83. Talabani yang menjabat sebagai Presiden Irak pada 2005 sampai 2014 merupakan figur penting bagi warga Kurdi Irak yang baru saja menggelar referendum pemisahan diri.

“Pemimpin kami meninggal d Jerman,” kata seorang pejabat Partai Uni Patriot Kurdistan (PKU) sebagaimana dikutip Al Jazeera, Rabu (4/10/2017).

Seorang anggota keluarga mengatakan, kesehatan Talabani memburuk beberapa saat sebelum referendum sehingga dia kemudian dibawa ke Jerman bersama dengan istri dan kedua anaknya.

Politikus Kurdi, Zana Said memuji Talabani dan menyebutnya sebagai “seorang presiden yang kematiannya menyebabkan kesedihan bagi warga Arab, Kurdi dan semua etnis lainnya”.

Talabani adalah salah satu tokoh dengan masa bakti terpanjang dalam politik Kurdi Irak  kontemporer. Pada sebagian besar masa aktifnya selama 40 tahun terakhir, dia memainkan peran sebagai oposisi pemerintah Irak di Baghdad.

Pria kelahiran Kalkan itu menjadi presiden pada April 2005 setelah memenangi pemilihan umum pertama di Irak pasca digulingkannya Saddam Hussein. Dia kembali memegang jabatan itu sampai 2014.

Pada Agustus 2008, Talabani menjalani operasi jantung yang sukses di Amerika Serikat (AS), tetapi pada 2012 dia kembali diterbangkan ke Jerman setelah terserang stroke. Kondisinya menimbulkan keraguan akan kemampuannya untuk kembali dan memimin Irak.

Dia kembali pada bulan Juli 2014, saat Irak mengalami krisis setelah kelompok militan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) menguasai wilayah-wilayah besar di negara tersebut.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan