start over Masyarakat Australia Diminta Bersiap Hadapi Serangan Gelombang Panas - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Kamis, 23 November 2017

Masyarakat Australia Diminta Bersiap Hadapi Serangan Gelombang Panas

Masyarakat Australia Diminta Bersiap Hadapi Serangan Gelombang Panas




Fakta.co.id – Sebagian masyarakat Australia khususnya warga Sydney dan Melbeourne diminta bersiap menghadapi serangan gelombang panas. Dua kota besar di Negeri Kanguru itu diprediksi akan menghadapi cuaca panas dengan suhu 50 derajat celcius mulai hari ini.

Peringatan datangnya gelombang panas ini juga berlaku di wilayah lainnya di seluruh Australia. Cuaca panas ini merupakan diprediksi merupakan yang paling ekstrem selama kurun waktu 25 tahun terakhir yang terjadi sebagai dampak dari pemanasan global.

“Kota-kota besar Australia, seperti Sydney dan Melbourne, mungkin akan mengalami suhu 50 derajat celcius yang belum pernah terjadi sebelumnya di bawah 2,0 derajat pemanasan global. Kenaikan suhu musim panas juga harus diwaspadai di kota-kota besar lainnya dan mereka harus melakukan persiapan untuk mengatasi cuaca yang lebih ekstrem di masa depan,” ujar juru bicara Australian National University (ANU), Sophie Lewis sebagaimana dikutip dari Strait Times, Rabu (4/10/2017).

Lewis menambahkan suhu di Negara Bagian Victoria dan New South Wales kemungkinan akan meningkat sekira 3,8 derajat celcius. Ia juga mengatakan, untuk menghadapi ancaman gelombang panas perlu adanya perencanaan yang tepat khususnya pihak rumah sakit yang harus mengantisipasi jatuhnya korban.

Berdasarkan data dari Biro Cuaca dan Badan Sains Nasional (CSIRO) menunjukkan bahwa cuaca di Australia terus menghangat sejak 1910. Australia juga baru saja mengalami musim dingin terpanas beberapa waktu lalu yang disebabkan oleh perubahan iklim. Gelombang panas Australia berpotensi memicu terjadinya kebakaran hutan.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan