start over Pecahkan Rekor, Harga Mangkuk Berusia 900 Tahun Ini Terjual Seharga Rp510 M - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Kamis, 23 November 2017

Pecahkan Rekor, Harga Mangkuk Berusia 900 Tahun Ini Terjual Seharga Rp510 M

Pecahkan Rekor, Harga Mangkuk Berusia 900 Tahun Ini Terjual Seharga Rp510 M




Fakta.co.id – Sebuah mangkuk berusia hampir 900 tahun yang berasal dari Dinasti Song, memecahkan rekor lelang dunia untuk barang-barang keramik China setelah terjual dengan nilai USD37.68 juta (sekira Rp510 miliar) di Balai Lelang Sotheby Hong Kong.

Benda berwarna biru kehijauan itu memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh cangkir ‘ayam’ berusia 500 tahun dari periode Chenghua Dinasti Ming yang juga terjual di Hong Kong dengan nilai USD36 juta (Rp487 miliar) pada 2014.

Mangkuk dengan diameter 13 sentimeter (cm) tersebut digunakan untuk mencuci kuas itu dibuat di tempat pembakaran terkenal pada masa Dinasti Song (960-1127 masehi) di Ruzhou. Benda itu terjual kepada seorang pembeli anonim setelah melalui adu penawaran selama 20 menit.

Keramik “Ru guanyao” yang dikenal dengan lapisan kaca biru hijau-nya yang terang dan pola retakan esnya merupakan benda yang sangat langka. Hal itu disebabkan karena tempat pembakaran di Provinsi Henan yang memproduksinya hanya aktif selama sekira dua dekade.

Mangkuk yang diperoleh dari Chang Foundation di Museum Hongxi, Taiwan tersebut, adalah satu dari hanya empat benda pusaka Ru yang diketahui dimiliki oleh swasta. Berdasarkan keterangan pakar keramik Regina Krahl yang dikutip Reuters, Rabu (4/10/2017), sejak 1940, hanya ada enam wadah Ru yang pernah muncul di pelelangan.

“Dalam 20 tahun terakhir, kami mendapatkan arus pembeli dari China daratan yang besar. Kami mengisi ruangan dengan harga-harga baru, minat baru dan itulah yang mendorong harga barang saat ini,” kata Wakil Direktur Sotheby Asia, Nicholas Chow. Dia menolak mengungkap identitas dan kewarganegaraan pembeli mangkuk itu.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan