start over 66 Pasangan Lakukan Nikah Massal di Wali Kota Jakarta Pusat - FAKTA.CO.ID

FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

Kamis, 23 November 2017

66 Pasangan Lakukan Nikah Massal di Wali Kota Jakarta Pusat

66 Pasangan Lakukan Nikah Massal di Wali Kota Jakarta Pusat




FAKTA.CO.ID-JAKARTA – Sebanyak 66 Pasangan mengikuti nikah massal di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Rabu (25/10/2017).

Program ini dilaksanakan oleh Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Pusat.

Dengan tujuan sebagai sebagai pelayanan masyarakat untuk membantu khususnya keluarganya sudah melakukan pernikahan tapi belum tercatat di catatan sipil.

“Hari ini tercatat 66 Pasangan yang di catatan pernikahannya oleh negara sehingga mereka menjadi keluarga yang diakui oleh negara dengab mendapatkan akte pernikahannya,” kata Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, Rabu (25/10/2017).

Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin oleh Dinas Dukcapil untuk itu ia berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat dilakukan setahun dua kali.

“Saya kira kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkala karena ini sangat ditunggu oleh masyarakat, karena pernikahan mereka ini sah secara agama tapi belum dicatatkan oleh negara, sehingga ini perlu dilakukan,” katanya.

Semantara itu Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk mengatasi permasalahan administrasi kependudukan.

Tentunya sebagai tupoksi Dinas Kependudukan ini adalah salah satu kegiatan untuk mengatasi masalah tersebut.

“Ini akan berdampak panjang apabila dia tidak tercatat oleh negara maka akan berdampak kepada anaknya, sehingga anaknya akan kesulitan mendapatkan akta kelahiran. Tapi dengan adanya pencatatan pernikahan ini besok mereka kalo punya akta kelahiran bisa datang ke Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk diperbaiki sesuai dengan pencatatan pada hari ini,” katanya.

Sementara itu kegiatan seperti ini menurut Edison Sianturi sudah sering kali dilakukan beberapa wilayah termasuk di RPTRA, maupun kecamatan dan Kelurahan.

“Kalo seDKI saat ini yang kami catat sudah ada 300 pasangan dan ini udah yang putaran kelima, dan ingat bahwa ini gratis kami tidak memungut biaya apapun,” katanya.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan