FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

15 Desember 2017

6 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

6 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan di Musim Hujan




Fakta.co.id – Musim hujan sudah mulai melanda sebagian kota di Indonesia. Agar tidak gampang sakit, Anda harus menjaga kesehatan, apalagi kalau sering kehujanan.

Di musim hujan, banyak penyakit infeksi yang menyerang Anda tiba-tiba. Termasuk halnya batik, flu, pilek, demam, diare dan penyakit lainnya.

Kalau sudah sakit, pasti Anda akan absen di kantor atau sekolah. Aktivitas Anda akan terganggu karena tubuh terasa letih.

Untuk itu, Anda harus mencegah jangan sampai mengalami sakit infeksi. Dilansir Eurohealth, berikut 6 tips sederhana menjaga kesehatan di musim hujan. Mau tahu caranya?

Sedia payung atau jas hujan

Lindungi tubuh Anda dengan payung atau jas hujan agar tidak kebasahan. Gunakan saat hujan tiba, jangan abaikan hal ini, karena tubuh gampang kedinginan dan memicu penyakit. Selain itu, gunakan sepatu tahan air agar tidak meresap ke tubuh.

Vitamin C

Selama musim hujan, Anda harus meningkatkan asupan vitamin C, baik dalam bentuk makanan alami atau sebagai suplemen makanan. Langkah ini dapat mengaktifkan antibodi yang menjaga tubuh agar melawan infeksi. Khasiatnya tak diragukan lagi, karena bisa mencegah flu atau pilek.

Minuman hangat

Anda juga harus memperbanyak konsumsi minuman hangat usai kehujanan. Ada beberapa minuman yang juga menyehatkan badan, termasuk susu, teh, minuman hangat dari sari buah atau sekalipun air putih hangat. Anda yang mengonsumsi minuman ini dapat menjaga kestabilan badan agar tetap baik.

Menjaga kebersihan

Mikroorganisme rentan tumbuh di musim hujan, maka cobalah untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan Anda. Kalau tidak, Anda terserang flu dan penyakit infeksi lainnya.

Tidak jajan sembarangan

Saat musim hujan, hindari jajan makanan di gerobak kaki lima. Biasanya, kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Lebih baik Anda membawa bekal makanan dari rumah yang sudah terjamin proses memasaknya. Tentunya lebih bergizi dan takaran bumbu disesuaikan.

Minum banyak air putih

Selama beraktivitas, jangan lupa tetap minum air putih. Cara ini membuat Anda tetap terhidrasi dan mendapatkan manfaat lainnya. Meski cuaca sejuk, tubuh Anda harus mendapatkan asupan air putih yang banyak agar tetap terjaga.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan