FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

15 Desember 2017

Air Terjun Agua Azul Mengering Setelah Gempa yang Mengguncang Meksiko

Air Terjun Agua Azul Mengering Setelah Gempa yang Mengguncang Meksiko




Fakta.co.id – Air terjun Agua Azul yang terletak di Meksiko Selatan menjadi objek wisata yang sangat terkenal karena keindahannya. Namun kini, keindahan air terjun itu mulai memudar karena air yang mengering.

Sebagaimana diwartakan Asia One, Sabtu (18/11/2017), air terjun Agua Azul mengering setelah gempa mengguncang wilayah Meksiko. Peristiwa ini juga membuat jumlah pengunjung terus menurun.

Berdasarkan keterangan Komisi Air Nasional Meksiko, air itu mulai mengering karena gempa telah mengakibatkan sebagian bebatuan di wilayah tersebut runtuh dari tepi kiri sungai. Guncangan gempa 8,2 skala Richter (SR) itu memang begitu dahsyat.

Menurut Komisi Air Nasional Meksiko, reruntuhan itu membuat aliran air ke cabang lain di sungai terhambat. Hal ini pun menyebabkan air di air terjun setinggi 1 meter itu benar-benar kering di banyak tempat.

Air semakin mengering dari satu hari ke hari berikutnya. Peristiwa ini membuat masyarakat serta pemerintah setempat merasa khawatir akan masa depan objek wisata yang telah menarik ribuan pengunjung setiap hari dari seluruh dunia itu.

“Jika tidak ada turis, tidak ada pekerjaan,” kata pengusaha lokal Juan Manuel Hernandez.

Pemerintah terus melakukan penyelidikan untuk mempelajari penyebab dan mencari solusinya. Tak hanya pemerintah, penduduk setempat pun berusaha menangani sendiri masalah ini.

Dengan bermodalkan sekop, mereka berusaha menyingkirkan reruntuhan dari air terjun itu. Hal ini dilakukan guna mengembalikan air ke jalurnya.

Usaha mereka tak hanya sampai di situ. Setelah berhasil memindahkan sebanyaj mungkin batu dan sedimen, mereka juga menghubungi pihak berwenang agar mesin berat dapat membantu usaha mereka membawa air terjun kembali ke arus penuh.

Setelah gempa pada 7 dan 19 September, banyak bangunan di Meksiko yang runtuh. Gempa itu juga mengakibatkan 369 orang tewas.

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan