FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

15 Desember 2017

Penuhi Undangan Presiden Macron, PM Saad Hariri Tinggalkan Arab Saudi

Penuhi Undangan Presiden Macron, PM Saad Hariri Tinggalkan Arab Saudi




Fakta.co.id – Perdana Menteri (PM) Lebanon, Saad Hariri dilaporkan meninggalkan Riyadh, Arab Saudi  hari ini atau Sabtu 18 November. Hariri disebut tengah pergi menuju Prancis memenuhi undangan Presiden Emmanuel Macron.

Kepergian Hariri ke Prancis itu dilaporkan oleh stasiun televisi Lebanon yang dimiliki oleh pria berusia 47 tahun yakni Future TV. Sebagaimana diketahui, pengunduran diri PM Hariri dari jabatannya sekira 2 pekan lalu telah memicu polemik di kawasan Timur Tengah (Timteng).

Guna membantu ketegangan yang terjadi di Timteng, Presiden Prancis berinisiatif mengundang Hariri untuk datang ke negaranya.

“Hariri telah meninggalkan Riyadh dengan jet pribadinya bersama istri menuju bandara Le Bourget, Prancis” sebut laporan dalam pemberitaan di Future TV.

Sebelum berangkat tepatnya pada Jumat 17 November malam, Hariri mencuitkan melalui Twitter bahwa ia sedang dalam perjalanan ke bandara Riyadh.

“Isu yang mengatakan bahwa saya ditahan di dan tidak diizinkan meninggalkan Arab Saudi adalah sebuah kebohongan. Saya sedang dalam perjalanan ke bandara saat ini,” tulis Hariri dalam postingannya sebagaimana disitat dari Strait Times, Sabtu (18/11/2017).

Presiden Macron sendiri dijadwalkan akan bertemu dengan hari pada siang ini waktu Prancis. Presiden Lebanon, Michel Aoun yang sebelumnya menuduh Pemerintah Arab Saudi telah “menahan” Hariri menyambut baik undangan Macron tersebut.

Aoun mengatakan, dia akan menunggu kepulangan Hariri dari Prancis sebelum menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil Pemerintah Lebanon.

“Berharap krisis telah berakhir dan bahwa pintu menuju solusinya telah dibuka dengan diterimanya undangan Hariri untuk pergi ke Prancis,” ujar Aoun.

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan