FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

15 Desember 2017

Pria Yaman Ini Didenda Rp1,3 Juta Karena Pakai Kostum Pengebom Bunuh Diri Saat Halloween

Pria Yaman Ini Didenda Rp1,3 Juta Karena Pakai Kostum Pengebom Bunuh Diri Saat Halloween




Fakta.co.id – Seorang pria asal Yaman yang tinggal di Malaysia harus berurusan polisi karena pakaian yang digunakannya. Kostum pengebom bunuh diri yang ia kenakan saat merayakan Halloween dinilai telah mengganggu publik.

Sebagaimana diwartakan Asia One, Sabtu (17/11/2017), Amjad Jalal Ahmed Al Dahan telah mengaku bersalah karena menggunakan pakaian itu saat menghadiri pesta di Apartemen Armanee Terrace pada 28 Oktober 2017 malam. Akibat tindakannya itu, hakim di pengadilan Petaling Jaya menjatuhkan hukuman kepadanya karena telah menyebabkan gangguan publik di tempat umum.

Hakim Nurul Huda Zakariya menjatuhkan hukuman kepada pria berusia 34 tahun itu berupa denda maksimal 400 ringgit Malaysia atau sekira Rp1,3 juta. Hukuman ini diberikan karena pria yang bekerja sebagai konsultan IT itu telah melanggar Undang-Undang Malaysia Pasal 290 KUHP.

Jika tidak membayar denda itu, Jalal terancam dipenjara selama empat hari.

Pengacara Amjad Jalal, N Saraswathy Devi, mengaku memiliki pembelaan untuk kliennya. Menurutnya, pakaian yang digunakan oleh Jalal itu hanya dikenakan untuk pesta. Jalal sendiri sangat menyesal atas masalah yang telah ditimbulkannya.

Namun, hakim di pengadilan Petaling Jaya tetap menjatuhi hukuman kepadanya. Wakil Jaksa Penuntut Umum, Norazalina Razali, mendesak pengadilan tersebut untuk menjatuhkan hukuman teladan karena kepentingan publik. Sebab, tindakannya dinilai tidak bertanggung jawab. Selain itu, menurutnya publik tidak dapat membedakan Jalal dengan pembom bunuh diri asli dan berkostum.

Tindakan Jalal ini memang telah menimbulkan kepanikan. Para penghuni apartemen tempat Jalal berpesta, melaporkan kepada pihak keamanan saat melihatnya berpakaian seperti seorang pembom bunuh diri.

Peristiwa serupa juga pernah terjadi di Austria. Seorang pria harus berurusan dengan polisi karena memakai kostum badut ikan hiu. Padahal, kostum itu dikenakan karena ia bekerja di sebuah toko bernama McShrak.

Namun, polisi tiba-tiba menyeretnya saat pria itu tengah mengiklankan produknya. Pihak keamanan kemudian memintanya untuk segera melepaskan topeng kepala hiu. Hal ini dilakukan karena pemerintah Austria menerapkan undang-undang baru yang melarang setiap orang mengenakan penutup wajah di tempat umum.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan