FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

15 Desember 2017

Kapal Selam Argentina Gagal Kirim Sinyal Darurat Sebelum Hilang

Kapal Selam Argentina Gagal Kirim Sinyal Darurat Sebelum Hilang




Fakta.co.id – Kapal selam milik Argentina yang dilaporkan hilang di Laut Atlantik selatan diketahui sempat mengirimkan sinyal darurat. Hal ini terungkap usai pihak Kementerian Pertahanan Argentina mendeteksi 7 panggilan sinyal yang gagal dikirimkan dari kapal yang diduga kuat adalah kapal selam ARA San Juan.

Kapal ARA San Juan sendiri diketahui telah hilang sejak 3 hari lalu. Sebagaimana disitat dari The Guardian, Minggu (19/11/2017), sinyal-sinyal tersebut berlangsung sekira 4 sampai dengan 36 detik. Pihak berwenang dibantu dengan perusahaan ahli satelit asal Amerika Serikat (AS) kini tengah berusaha untuk menelusuri lokasi sinyal-sinyal itu dikirimkan.

Angkatan laut Argentina kehilangan kontak radio dengan ARA San Juan pada Rabu 15 November pagi. Sebelum menghilang, kapal selam itu tengah dalam perjalanan pelayaran selama 10 hari dari pelabuhan Ushuaia, Argentina selatan ke pangkalan angkatan laut di Mar del Plata, 400 kilometer selatan Buenos Aires.

Otoritas Argentina sendiri telah mendapatkan bantuan dai pihak internasional dalam pencarian kapal termasuk dari AS dan Inggris. Sebuah pesawat Hercules milik Inggris terbang melintasi wilayah Kepulauan Falkland guna mendeteksi keberadaan kapal. Namun, Pemerintah Argentina sendiri menyebut, akan lebih berkonsentrasi dengan pencarian bawah laut.

“Kami belum bisa menemukan kapal selam di permukaan, itulah sebabnya kami sekarang memprioritaskan pencarian kapal selam di bawah air. Pencarian awah laut jauh lebih rumit karena memerlukan penggunaan lebih banyak teknologi termasuk sonar,” ujar Juri Bicara Angkatan Laut Argentina, Gabriel Gonzalez.

Sayangnya, operasi pencarian saat ini terkendala cuaca buruk. Badai yang tengah menerjang Argentina menyebabkan gelombang air laut mencapai tinggo sekira 10 meter. Dari total 44 awak kapal ARA San Juan terdapat seirang perwira kapal selam wanita pertama Argentina, Eliana Krawzyck (35).

Proses pencarian di permukaan laut telah 80% selesai dengan hasil nihil. Kini pihak berwenang memperluas area pencarian dari yang tadinya melintasi jarak 300 km kini menjadi 430 km dari provinsi selatan Argentina, Chubut. Tawaran bantuan juga datang dari frika Selatan dan Brasil, serta negara-negara Amerika Selatan lainnya untuk mencari ARA San Juan.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan