FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

20 September 2018

Kebakaran Melanda Gudang Mebel di Bandung, Kerugian Hingga Miliaran Rupiah

Kebakaran Melanda Gudang Mebel di Bandung, Kerugian Hingga Miliaran Rupiah




Fakta.co.id – Kebakaran melanda sebuah gudang mebel di Jalan Industri Barat RT 004 RW 004 Kelurahan Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (25/11/2017).

Si pemilik gudang, Anton Suwandi kaget bukan kepalang saat mengetahui gudang mebel tempat mata pencahariannya tersebut hangus dilahap “si jago merah”. Anton yang tengah tertidur langsung terbangun saat pegawainya melaporkan kebakaran.

Dia langsung bergegas pergi ke gudang yang tidak jauh dari kediamannya.

“Saya dapat laporan dari pegawai saya sekitar pukul 05.30. Saya langsung bangun kemudian datang ke sini (lokasi kebakaran),” kata Anton di lokasi.

Gudang mebel yang mempekerjakan 15 pegawai itu terbakar hebat, api membumbung tinggi dan melahap bahan-bahan yang didominasi kayu dan bahan mebel lainnya. Akibat kebakaran itu, Anton mengaku menelan kerugian hingga miliaran rupiah.

“Bangunannya saja diperkirakan Rp 1 miliar, belum lainnya. Kalau ditaksir mungkin kerugiannya mencapai Rp 2 miliar,” ujarnya.

Kesaksian warga

Ajat (56), warga setempat mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 03.00. Saat itu, Ajat hendak pergi ke masjid dan melihat ada asap dari gudang mebel tersebut.

“Saya mau adzan Subuh, lalu saya liat ada asap di dalam gudang. Saya pikir ada yang bakar sampah,” katanya.

Tak menghiraukan asap itu, Ajat melanjutkan perjalanannya ke masjid untuk salat Subuh. Dia baru mengetahui ada kebakaran ketika kembali dari masjid. Di gudang tersebut sudah ramai warga yang berkerumun untuk memadamkan api.

Saridela (32) warga lainnya mengaku terkejut saat mendengar suara ledakan. Ia langsung ke luar keluar rumah dan melihat api sudah membakar gudang mebel yang berada di seberang rumahnya itu. “Saya lihat apinya di tengah, katanya.

Pemadaman

Kapolrestabes Bandung Hendro Pandowo mengatakan, kebakaran di gudang mebel terjadi sekitar pukul 04.00. Ketua RW setempat melaporkan kejadian tersebut ke polsek terdekat, tak lama petugas pemadam kebakaran datang dan melakukan pemadaman.

“Di TKP sudah ada 20 unit damkar sedang memadamkan api,” kata Hendro.

Berdasarkan pantauan, petugas pemadam kebakaran Kota Bandung masih melakukan pemadaman. Sementara itu di luar gudang mebel, warga terus berdatangan untuk menonton proses pemadaman, bahkan warga sempat berlarian saat melihat tiang listrik di sekitar bergerak seperti akan jatuh.

Petugas pemadam kebakaran melakukan penyekatan agar api tak menyebar dengan melakukan pemadaman di dua titik, yakni di depan gudang yang langsung berhadapan dengan rumah warga dan di belakang gudang, tepatnya di belakang Dinas Pangan dan Pertanian kota Bandung.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan