FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

15 Desember 2017

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh




Fakta.co.id – Memasuki musim hujan, tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Cuaca dingin juga akan memungkinkan kita untuk terserang flu.

Berbagai cara pun dilakukan untuk mencegah dan mengobati serangan flu. Hanya saja jika flu sudah terlanjur menyerang, jangan buru-buru untuk minum obat dokter apalagi obat warung.

Jika flu ringan sudah menyerang, Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan obat alami yang ada di dapur.

Bawang putih yang ada di dapur dipercaya mampu mengatasi flu. Sejak zaman romawi banyak orang yang telah menggunakan bawang putih sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Dilansir dari laman The Sun, penelitian baru mencatat bahwa nenek moyang kita menggunakan bawang putih sebagai resep untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bawang putih berkhasiat mengobati demam, batuk, sakit perut, sakit kepala, sinusitis, masalah tekanan darah, kolestrol tinggi, bahkan bisa sebagai penangkal bisa ular.

Bawang putih dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, antivirus, antibakteri, antioksidan, dan melancarkan saluran napas.

Uji klinis yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menyatakan, orang yang mengonsumsi bawang putih mentah memiliki tingkat aktivitas gen yang lebih tinggi.

Konsumsi bawang putih akan menyebabkan peningkatan produksi sel darah putih yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal tersebut terjadi karna bawang putih memiliki kandungan vitamin C, mineral seperti selenium, enzim, dan senyawa sulfur yang berkhasiat memperbaiki sistem imun pada tubuh orang yang sedang flu.

Penelitian yang telah dilakukan menguatkan bawang putih mengandung senyawa alisin yang mampu mengatasi flu. Hanya saja mereka belum bisa memastikan secepat apa bawang putih bisa mengatasi flu.

Sebagai obat flu, para ahli menyarankan untuk mengiris atau menghancurkan bawang putih mentah bersama cengkeh dan menyantapnya.

Namun jika tidak kuat untuk makan bawang putih mentah, pakai bawang putih dalam campuran sup. Gunakan bawang putih dan bahan lain seperti lada untuk membuat sup.

Selain bawang putih, bahan dapur seperti jahe, kandungan antivirus pada jahe mampu meredakan flu.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan