FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

24 Januari 2018

Tips Memberikan Pertolongan Pertama Pada Luka Ringan

Tips Memberikan Pertolongan Pertama Pada Luka Ringan




Fakta.co.id – ANAK-anak atau bahkan orang dewasa sekalipun bisa saja terjatuh dan mengalami luka yang membekas. Nah, saat melihat orang di sekitar yang terluka, berikan pertolongan pertama yang tepat.

Luka bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Karenanya, setiap orang disarankan untuk menyediakan kotak P3K yang sederhana untuk menolong pasien.

Kalau tidak ditolong dengan cepat, penyembuhan luka bisa menjadi lama dan tidak sempurna. Karena itu, Anda harus memberikan pertolongan pertama yang sesuai.

Dijelaskan Edukator dari Mundipharma Indonesia dr Mery Sulastri membagikan tips memberikan pertolongan pertama pada luka ringan. Berikut langkahnya yang bisa Anda terapkan sebelum menolong seseorang.

Hentikan perdarahan

Luka yang terjadi di kulit pasti diawali dengan perdarahan. Cara menghentikannya tekan daerah luka yang menggunakan kain bersih at kassa steril. Lakukan hal ini hingga perdarahan berhenti agar tidak berdampak buruk.

Bersihkan luka dengan air

Sebelum menutup luka dengan plester, sebaiknya bersihkan dan cuci dengan air bersih. Bersihkan kotoran yang menempel di luka dengan air mengalir. Untuk si penolong, jangan lupa cuci tangan pakai sabun agar bebas kuman dan bakteri yang mungkin dapat menularkan penyakit.

Beri cairan antiseptik

Usai luka dibersihkan berikanlah cairan antiseptik yang mengandung povidon-iodine. Cairan ini mampu membunuh kuman, bakteri, jamur dan virus yang bisa diterapkan di luka baru di kulit. Oleskan cairan tersebut tipis-tipis agar tidak menimbulkan efek samping.

Tutup luka dengan plester

Setelah dibersihkan dan diberi antiseptik, segera tutup luka dengan plester atau kassa tipis. Cara ini dilakukan untuk menghindari infeksi. Tapi jangan lupa ganti perban, plester atau kassa setiap hari agar tetap bersih dan terjaga higienitasnya.

Alangkah baiknya bagi si penolong sebelum membersihkan luka harus cuci tangan pakai sabun. Langkah ini efektif mencegah penyebaran penyakit infeksi yang lebih jauh.

Cara cuci tangan yang benar langkahnya yakni sebagai berikut:

1. Basahi tangan dengan sabun antiseptik mengandung povidon-iodine.

2. Ratakan sabun di telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, punggung jari, ibu jari dan ujung kuku selama 20 detik.

3. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan