FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

19 Januari 2018

Hal-Hal yang Harus Diajarkan Orangtua Kepada Anak Perempuan Tentang Tubuhnya

Hal-Hal yang Harus Diajarkan Orangtua Kepada Anak Perempuan Tentang Tubuhnya




Fakta.co.id – Pepatah mengatakan, “menjaga anak perempuan lebih sulit daripada menjaga berlian.” Artinya, anak perempuan lebih berharga ketimbang berlian, sehingga perlu perlindungan ekstra.

Seluruh bagian tubuh anak perempuan sangat bernilai, maka wajar bila semua orangtua tak ingin anak perempuanya lecet sedikit pun. Kulitnya harus mulus dan sehat, bentuk tubuh proporsional, dan tak boleh sembarang orang menyentuh.

Namun, sayang orangtua tidak mungkin 24 jam berada di samping si buah hati. Oleh sebab itu, anak juga harus bisa menjaga dirinya sendiri, termasuk megenai seluruh anggota tubuhnya. Agar anak perempuan mengerti tubuhnya sangat berharga, maka inilah 4 hal yang harus diajarkan kepada anak perempuan tentang tubuhnya, yang dilansir dari Cosmopolitan.

Kenali bagian-bagiannya

Sejak usia dini anak harus diberi tahu nama-nama anggota tubuhnya, mulai dari kepala hingga kaki. Saat anak bertanya jelaskan fungsinya masing-masing. Jangan ragu menjelaskan anggota tubuh yang bersifat vital.

Ketika anak bertanya tentang alat vitalnya itu kesempatan bagi orangtua untuk menjelaskan fungsinya dan menjelaskan bahwa bagian tubuh yang itu sangat penting. Tidak boleh diperlihatkan kepada siapa pun.

Area swimsuit

Area pakaian renang merupakan yang paling berharga. Khusus untuk area ini orangtua harus berkali-kali mengingatkan kalau ini area kemaluan. Tidak boleh disentuh dan dilihat kepada orang lain.

Katakan kepada anak perempuan jika area swimsuit hanya boleh dilihat oleh ayah, ibu, nenek, dan kakek, atau pengasuh mereka, serta dokter. Tekankan, jika pun telah mendapat persetujuan dari ibu. Hingga anak perempuan beranjak remaja, hal ini harus terus diingatkan. Ajari anak-anak cara melindungi area ini, seperti berteriak jika disentuh orang, melawan dengat cara mengigit, berlari, atau memukul orang yang berani menyentuh bagian vital tubuh mereka.

Berolahraga

Anak perempuan mengalami masa puber yang ditandai dengan menstruasi. Pada masa puber, anak perempuan akan mengalami perubahan bentuk tubuh. Karena itu, saat anak perempuan mulai puber ajari mereka cara menjaga bentuk tubuh dengan berolahraga. Dukung mereka untuk semangat berolahraga dan rutin latihan.

Mengonsumsi makanan sehat

Bukan tidak boleh makan enak, namun anak prempuan rentan memiliki tubuh gemuk. Katakan kepada anak-anak, selain rutin berolahraga juga harus mengonsumsi makanan sehat. Minta anak-anak perempuan Anda untuk tidak tergoda memakan cup cake, marsmallow, dan junk food.

Sebab, aneka makanan tersebut sangat mudah membuat tubuh menjadi bengkak. Jelaskan kepada anak-anak, jika tubuh mereka butuh serat, air, dan nutrisi yang baik agar makanan yang mereka konsumsi tidak menjadi lemak hingga membuat bobot tubuh menjadi besar.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan