FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

22 April 2018

Tips Membersihkan Alat Pembuat Kopi Sesuai Tipenya

Tips Membersihkan Alat Pembuat Kopi Sesuai Tipenya




Fakta.co.id – Jika Anda termasuk salah satu orang yang mulai tergila-gila minum kopi dan jadi barista ‘dadakan,’ biasakan jangan hanya paham soal bagaimana menyeduh biji kopi yang enak.

Sebagai pecinta kopi sejati, Anda juga harus tahu bagaimana caranya membersihkan alat pembuat kopi dengan tepat. Apa hubungannya? Tentu saja ada, sisa kopi yang masih menempel di pembuat atau penyaring kopi karena tidak dibersihkan dengan benar akan sangat memengaruhi rasa seduhan kopi.

Yang harus diperhatikan, beda alat pembuat kopi maka beda juga cara tepat membersihkannya. Mengutip The Kitchn berikut beberapa cara membersihkan alat pembuat kopi sesuai tipenya.

1. Mesin coffee drip
Ketika rasa kopi seduhan mulai terasa pahit dan ‘ajaib’ maka ini saatnya memberikan mesin kopi tetes Anda sedikit perhatian.

Langkah pertama adalah membuang sisa ampas kopi dari penyaring. Kemudian buang juga semua sisa kopi dari carafe.

Untuk membersihkan carafe, isi carafe dengan campuran air dan cuka putih (perbandingan 50:50). Nyalakan mesin kopi dengan mode brew. Setelah setengah putaran, matikan mesin dan diamkan selama satu jam. Setelah 1 jam, nyalakan kembali sisa putaran mode brew sampai selesai. Buang campuran air.

Kemudian isi air dalam carafe sampai penuh (tanpa cuka) jalankan mode full brew. Ulangi sampai dua kali.

Setelahnya cuci carafe dengan sabun cuci, bilas, dan keringkan. Cuci bagian penyaringnya juga.

2. French Press
Ketika membersihkan french press, hal yang perlu dikhawatirkan adalah membersihkan bagian dasarnya.

Langkah pertama, buang semua sisa ampas kopii di bagian dasar gelas dengan menggunakan spatula karet.

Kemudian tambahkan beberapa tetes sabun cuci cair ke dalam gelas. Tambahkan air. ‘Kocok’ air sabun dengan menekan dan menarik tutup french press sampai berbusa.

Buang semua air sabun, bilas, dan ‘kocok’ lagi. Kemudian gunakan spons halus untuk menggosok bagian dalam gelas kaca. Bersihkan.

3. Moka Pot
Langkah pertama, buang semua sisa ampas kopi. Kemudian lepaskan semua bagiannya satu per satu. Pastikan juga untuk melepas bagian gasket dan filter.

Cuci semua bagian dengan menempatkan bagian-bagian moka pot ini di bawah air hangat. Gunakan jari untuk menghilangkan semua sisa ampas kopi. Jangan gunakan sabun.

Keringkan semua bagiannya dengan menggunakan lap lembut sampai benar-benar kering agar tak berkarat. Susun kembali moka pot sesuai bentuk aslinya.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan