FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

19 Januari 2018

Manfaat Makan Ikan Seminggu Sekali untuk Kesehatan Anak

Manfaat Makan Ikan Seminggu Sekali untuk Kesehatan Anak




Fakta.co.id – Ikan kaya rasa dan manfaat yang baik dikonsumsi semua kalangan. Tak terkecuali anak-anak, paling tidak makan ikan dalam seminggu bisa membuatnya tidur nyenyak sepanjang malam.

Sebuah studi baru menyebutkan, makan ikan segar bisa meningkatkan IQ anak, sehingga bisa mendukung prestasi belajarnya di sekolah. Selain juga, makan ikan bikin anak-anak terhindar dari insomnia alias mudah tidur nyenyak.

Untuk penelitian ini melibatkan 541 kelompok anak usia 9-11 tahun. Sekira 54% anak laki-laki dan 46% anak perempuan. Mereka dinilai kebiasaan mengonsumsi ikannya dalam seminggu.

Peserta juga mengikuti tes IQ yang menguji kemampuan verbal dan non verbal, seperti kosakata dan coding.

Orangtua mereka kemudian menjawab pertanyaan tentang kualitas tidur, dengan menggunakan kuesioner yang diberikan. Dengan mencakup topik seperti durasi tidur dan frekuensi tidur malam atau tidur nyenyak di siang hari.

Periset dari University of Pennsylvania di Amerika Serikat menguasai informasi demografis, termasuk pendidikan orang tua, pekerjaan dan status perkawinan dan jumlah anak di rumah. Dalam menganalisis poin data ini, mereka menemukan bahwa anak-anak yang melaporkan makan ikan setiap minggu, bisa mencetak 4,8 poin lebih tinggi IQ-nya. Daripada mereka yang mengatakan bahwa mereka yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsi ikan, poinnya lebih rendah.

Mereka yang masuk dalam kategori jarang makan ikan memiliki skor 3,3 poin lebih tinggi. Hasil ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports.

Selain itu, peningkatan konsumsi ikan dikaitkan dengan sedikit gangguan tidur. Menurut para peneliti, ada indikasi peningkatan kualitas tidur menjadi lebih baik.

“Ada bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi ikan memiliki manfaat kesehatan yang benar-benar positif. Maka harus menjadi sesuatu yang lebih banyak diiklankan dan dipromosikan,” kata Jianghong Liu, dari University of Pennsylvania, dilansir Zeenews, Kamis (4/1/2017).

Karenanya, anak-anak harus diperkenalkan sejak dini agar terbiasa makan ikan. Manfaatnya sangat baik, mendukung kesehatan fisik dan mentalnya.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan