FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

14 Agustus 2018

Honduras Diguncang Gempa 7,6 SR, Berpotensi Tsunami

Honduras Diguncang Gempa 7,6 SR, Berpotensi Tsunami




Fakta.co.id – Gempa berkekuatan 7,6 skala richter yang berpotensi tsunami mengguncang Honduras, Amerika Tengah, pada Selasa (9/1) waktu setempat.

Gempa terasa hingga ibu kota Honduras, Tegucigalpa, sekitar 519 kilometer timur Kepulauan Honduras. Peringatan tsunami pun sudah dikeluarkan oleh otoritas setempat.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan gempa yang semula tercatat berkekuatan 7,8 skala richter itu berpusat 202 kilometer dari timur Laut Barra Patuca, salah satu pulau terkecil Honduras, dan 307 kilometer dari barat daya George Town, Kepulauan Cayman.

Titik kedalaman gempa dilaporkan berada hanya 10 kilometer dari bawah laut sehingga guncangan sangat terasa. Meski begitu, dilansir Reuters, sejauh ini aparat berwenang belum menerima laporan kerusakan atau korban akibat bencana tersebut.

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan peringatan tsunami berlaku bagi wilayah di sekitar Kepulauan Karibia, Puerto Riko, dan Kepulauan Virgin. Peringatan itu memprediksi kemungkinan gelombang setinggi 1 meter di atas permukaan air pasang.

Tak hanya Kepulauan Karibia, guncangan gempa juga dikabarkan terasa hingga Quintana Roo, Meksiko, yang terletak di utara Honduras.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan