FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

23 Februari 2018

Bunuh Sel Kanker dengan Daun Kelor

Bunuh Sel Kanker dengan Daun Kelor




Fakta.co.id – Daun kelor yang kerap disantap sebagai sayur ternyata terbukti ampuh mencegah dan membunuh sel kanker. Bernama latin Moringa Oleifera, daun kelor merupakan pohon yang tumbuh di iklim tropis, termasuk Indonesia. Bentuk daunnya lonjong menyerupai telur dan tersusun majemuk.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Oncology Letters menemukan bahwa ekstrak dalam daun kelor yang larut dalam air dapat mengobati berbagai jenis kanker, seperti paru-paru, payudara dan kulit.

Daun kelor merupakan sumber yang kaya akan lemak, protein, karotenoid, vitamin C, zat besi, potasium, dan nutrisi penting lainnya. Zat ini mampu mencegah dan membunuh sel kanker.

Daun kelor mengandung zat niazimin yang mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Daun ini juga memiliki antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kanker.

Tim peneliti dari Korea membuat ekstrak daun kelor yang larut dalam air. Ekstrak itu dapat diterima secara alami oleh tubuh dengan kandungan yang kuat dan toksisitas yang rendah. Melansir Reset, peneliti memulai risetnya dengan mengetes beberapa dosis ekstrak daun kelor pada pasien kanker hati. Hasilnya menunjukkan 96,7 persen sel kanker mati kareka ekstrak daun kelor.

Mengonsumsi daun kelor, berupa sayuran atau rebusan air daun kelor juga bisa menjadi pilihan untuk menangkal kanker.

Bukan hanya daun kelor saja yang kaya manfaat bagi kesehatan, tapi bunga, akar, dan kulit pohon kelor banyak digunakan sebagai suplemen gizi, kosmetik, parfum, dan minyak kulit.

Sebelumnya, The Independent juga mengungkapkan daun kelor punya kandungan berlebih, di antaranya mengandung banyak vitamin A daripada wortel, lebih banyak kalsium daripada susu, lebih banyak zat besi daripada bayam, serta lebih banyak potassium daripada pisang. Tidak hanya itu protein di daun kelor juga lebih tinggi daripada susu dan telur.

Dengan kandungan dan manfaatnya itu, tak heran jika daun kelor termasuk salah satu superfood yang diyakini akan menjadi hit di 2018.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan