FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

22 Mei 2018

Hasil Riset: Kandungan Gizi Susu Kedelai Hampir Sama Dengan Susu Sapi

Hasil Riset: Kandungan Gizi Susu Kedelai Hampir Sama Dengan Susu Sapi




Fakta.co.id – Beragam pilihan produk nabati ditawarkan untuk alternatif susu hewani. Namun, tak semua susu nabati memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan susu hewani.

Penelitian terbaru dari McGill University in Montreal, Kanada menemukan bahwa susu kedelai merupakan susu nabati paling bergizi dengan kandungan hampir setara dengan susu sapi.

Riset itu dilakukan dengan cara membandingkan nilai gizi yang terdapat di empat susu populer yakni susu kedelai, air beras, santan, dan susu almond dengan kandungan gizi susu sapi.

Hasilnya, kandungan susu kedelai memiliki nutrisi yang paling mendekati dengan nutrisi susu sapi. Disusul air beras, santan, dan susu almond.

Susu sapi memiliki 168 kalori, 9,05 gram lemak, 8,11 gram protein, 11,5 gram karbohidrat, dan 294,2 miligram kalsium. Sedangkan susu kedelai memiliki kandungan 95 kalori, 4,5 gram lemak, 8 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 330 kalsium. Sementara air beras memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi ketimbang susu sapi.

Santan bahkan tidak memiliki kandungan protein dan hanya 1 gram karbohidrat. Sedangkan susu almond masing-masing memiliki 1 gram protein dan karbohidrat.

Diberitakan Metro, hasil ini membuat peneliti menyimpulkan, alternatif terbaik untuk susu sapi merupakan susu kedelai. Kendati demikian, peneliti menyarankan agar susu alternatif ini juga diiringi dengan nutrisi tambahan dari sumber lain.

Pasalnya, beberapa penelitian juga menunjukkan susu kedelai mengandung anti nutrisi yang dapat mengurangi penyerapan dan pencernaan nutrisi tubuh.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan