FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

21 April 2018

Hati-hati!, 10 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Menyebabkan Kanker

Hati-hati!, 10 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Menyebabkan Kanker




Fakta.co.id – Kanker merupakan penyakit paling berisiko menyebabkan kematian kedua di dunia. Di tahun 2015 angka kematian akibat kanker mencapai 8,8 juta.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker. Misalnya kebiasaan buruk, berat badan, makanan yang kurang sehat, kurang aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol yang berlebih.

Mengutip Boldsky, berikut kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kanker.

1. Pengharum ruangan
Pengharum ruangan sering digunakan untuk mengatasi bau ruangan yang tidak sedap. Namun, pengharum ruangan ini tidak meningkatkan kualitas udara pada ruangan.

Sebaliknya, pengharum ruangan mengandung zat berbahaya yang menyebabkan kanker. Zat berbahaya ini akan masuk ke hidung saat disemprotkan ke ruangan.

2. Minuman beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol telah terbukti dapat meningkatkan risiko kanker. Sebuah studi mencatat mengonsumsi minuman beralkohol dua kali dalam sehari dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker rektum dan kanker payudara.

3. Pil KB
Pil KB, dikonsumsi untuk mencegah kehamilan. Mengonsumsi pil KB dapat meningkatkan risiko kanker payudara juga kanker serviks dan hati.

4. Lilin
Sebuah penelitian mengatakan bahwa asap dari lilin parafin mengandung karsinogen dan komponen bahan bakar fosil lainnya. Untuk menggantikan penggunaan lilin parafin sebaiknya gunakan lilin lebah murni karena tidak berbahaya bagi tubuh.

5. Asap mobil
Orang yang lebih sering terkena asap dari bahan bakar disel akan memiliki masalah kesehatan. Asap dari mobil bisa menyebabkan kanker paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya. Diesel dan bensin melepaskan karbon monoksida dan hidrokarbon yang beracun.

6. Kosmetik
Perempuan sering menggunakan make up untuk meningkatkan penampilan. Namun bahan kimia yang terkandung pada kosmetik akan tetap ada di dalam tubuh sekalipun sudah membersihkan wajah. Sebaiknya gunakan kosmetik dengan bahan organik untuk mengurangi risiko kanker kulit.

7. Makanan yang dibakar
Ikan, ayam, atau makanan lain yang diolah dengan cara dibakar akan menyebabkan beberapa bagian menjadi gosong. Meskipun memiliki rasa yang lezat, makanan yang dibakar bisa meningkatkan risiko kanker perut, usus besar dan pankreas.

8. Makanan kaleng
Wadah dari bahan logam yang digunakan untuk mengemas makanan mengandung bahan kimia berbahaya. Mengkonsumsi makanan kaleng akan menye babkan gangguan hormon dan perubahan DNA yang berakibat pada kanker payudara.

9. Diet Soda
Diet soda mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan kanker pankreas dan jenis kanker lainnya. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa diet soda bisa menyebabkan kanker kandung kemih dan tumor otak.

10. Tabir surya
Kebanyakan orang menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk mencegah masalah kulit. Namun sunscreen mengandung bahan yang disebut zinc oxide yang menghasilkan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan DNA dan memicu pertumbuhan kanker.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan