FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

24 Mei 2018

Tips Membuat Telur Goreng dengan Minyak Zaitun

Tips Membuat Telur Goreng dengan Minyak Zaitun




Fakta.co.id – Telur sering jadi pilihan untuk memulai hari. Produk hewani satu ini pun kerap dijadikan paduan berbagai santapan. Mereka yang sedang menjalani diet pun sering disarankan untuk mengonsumsi telur sebagai sumber protein. Namun, dari semua jenis sidangan dengan telur, telur goreng memang lauk paling praktis dan mudah dibuat.

Telur goreng dibuat bermodalkan minyak atau margarin serta garam untuk memperkaya rasa. Sebagian merasa telur goreng buatan mereka adalah yang terbaik dan enak, tapi ada cara sederhana untuk menghasilkan telur goreng sempurna yakni goreng dengan minyak zaitun.

Dilansir dari Brit+Co, keraguan bisa saja muncul dari saran satu ini. Minyak zaitun memang punya ketahanan rendah terhadap suhu panas. Ia mudah panas pada suhu 165-190 derajat Celcius. Minyak zaitun juga cepat menurun kualitasnya saat bertemu suhu panas. Namun, menggoreng telur tak akan memerlukan banyak minyak layaknya deep fried seperti tempe atau pisang goreng. Tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bagaimana menggoreng telur dengan minyak zaitun?

Pertama, siapkan minyak zaitun dalam suhu ruangan untuk hasil terbaik. Berbeda dengan minyak lain, minyak zaitun bisa panas dengan cepat kira-kita 30 detik setelah kompor dinyalakan, maka pastikan telur sudah dimasukkan ke teflon.

Saat menggoreng, perhatikan telur baik-baik. Telur akan memiliki tekstur renyah pada bagian pinggir dan kuning telur akan tetap cair sehingga tak perlu khawatir telur bakal gosong.

Minyak zaitun bakal mendasari rasa tambahan pada telur. Orang dapat menambahkan garam, lada atau berbagai macam rempah lain. Tak ada salahnya menambah telur goreng pada berbagai hidangan karena rasa telur tak ada terlalu asin. Justru akan ada rasa semacam rasa susu layaknya rasa margarin.

Penggunaan minyak zaitun bisa jadi pilihan sehat karena studi menyebut penggunaan minyak sayur untuk menggoreng punya dampak buruk untuk kesehatan. Minyak sayur dapat menghasilkan senyawa kimia beracun bernama aldehydes selama proses pemanasan.

Dikutip dari Daily Mail, minyak zaitun memang termasuk minyak sayur. Namun, riset membuktikan bahwa produksi senyawa kimia beracun ini lebih sedikit saat memanaskan minyak zaitun.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan