FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

19 Juli 2018

Beberapa Manfaat Teh Celup Jika Digunakan Sebagai Masker Mata

Beberapa Manfaat Teh Celup Jika Digunakan Sebagai Masker Mata




Fakta.co.id – Selain es batu, tomat dan mentimun, kantong teh celup juga bisa menjadi salah satu pilihan digunakan sebagai masker untuk mata. Teh celup ternyata kaya manfaat untuk mengurangi kantung mata, iritasi dan kemerahan pada mata.

Beberapa jenis teh celup sebenarnya bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Namun, sebaiknya gunakan teh celup organik untuk menghindari reaksi dengan bahan kimia.

Teh hitam, putih dan hijau misalnya, mengandung kafein dan antioksidan yang dapat mengatasi masalah pada mata. Lain lagi dengan teh herbal yang dapat menenangkan mata. Teh ini bermanfaat mengurangi iritasi dan peradangan.

Cara menggunakan teh celup sebagai masker mata ini boleh dibilang cukup mudah. Dua teh celup yang sudah digunakan untuk membuat teh bisa digunakan, sehingga tak terbuang percuma.

Peras teh celup terlebih dahulu, lalu diamkan atau dinginkan di dalam kulkas sekitar 10-20 menit. Teh celup yang sudah dingin bisa langsung diletakkan pada mata yang tertutup selama 15-30 menit. Sesekali, tekan teh celup dengan ujung jari atau pijat bagian sekitar mata dengan lembut.

Berikut merupakan rekomendasi jenis teh celup yang dapat digunakan berbagai masalah pada mata, seperti dirangkum dari sejumlah sumber dan Health Line.

1. Peradangan atau bengkak

Teh hijau dan teh hitam bermanfaat untuk menghilangkan peradangan dan mata yang bengkak. Kandungan kafein dalam teh dapat menyempitkan pembuluh darah di jaringan mata sehingga mengurangi pembengkakan.

Kedua teh ini juga memiliki antioksidan yang dikenal dengan flavanoid dan tanin yang memiliki efek antiinflamasi. Tanin pada teh bisa mengencangkan kulit dan mengeluarkan cairan yang tidak perlu pada mata.

Teh hijau disebut lebih efektif karena mempunyai flavanoid yang lebih tinggi dibanding teh hitam. Beberapa jenis teh lain yang bisa digunakan untuk mengurangi peradangan adalah teh dari bunga eyebright, chamomile, dan rooibos.

Teh hijau dan rooibos bahkan memberi manfaat lebih untuk menyamarkan garis-garis halus dan keriput pada mata.

2. Konjungtivitis (mata merah muda)

Teh dari bunga calendula, chamomile, dan tanaman Adas dapat dimanfaatkan meredakan gejala konjungtivitis. Meski belum banyak penelitian yang membuktikan, kandungan dalam teh ini dapat membantu menghilangkan cairan yang berlebih di mata serta meredakan iritasi. Teh chamomile, rooibos dan hijau juga efektif menyembuhkan mata yang merah.

3. Lingkaran hitam

Area lingkaran hitam di sekitar mata dapat dikurangi dengan teh hitam dan teh hijau. Kandungan kafein dalam teh itu membantu mempersempit pembuluh darah di sekitar mata.

4. Styes (tembel)

Benjolan pada mata atau biasa disebut tembel ini bisa diobati dengan masker teh hitam karena kaya tannin. Tannin yang merupakan antibakteri dan analgesik membantu mengurangi pembengkakan.

5. Mata kering

Teh celup dari teh hitam, eyebright dan lavender dapat membantu memberi kelembapan pada mata. Sifat dingin pada teh ini juga bisa menenangkan pada dengan alami.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan